Beranda > MY MIND > Kolamku & Tamanku

Kolamku & Tamanku

Membuat taman ku menjadi hijau kembali dan air kolam kembali diisi dengan ikan ikan yang lucu. Awalnya sih aku merasa ndak yakin bisa merenovasi sendiri tamanku. Trus kalo bayar tukang taman mana punya duit sebab sekarang tukang taman harganya sangat-sangat mahal. Nah solusinya dengan membayar tukang biasa untuk membantu kita. Murah meriah namun kita musti ikut bekerja dan berfikir untuk membuat seperti apa yang kita inginkan.
Nah yang ingin saya bagi disini adalah kepercayaan diri dimana sebenarnya kita mampu membuat sendiri tanpa perlu bayar tukang taman. Dan saya ingin rincikan harga, cara membuat dan lain sebagainya. Berikut adalah foto taman saya yang udah jadi. Lokasi taman saya didalam rumah.

IMG_0113 copykec

Pertama-tama yang dipikirkan adalah instalasi :
1.    Instalasi air masuk
Fungsinya agar pengisian air kolam dengan mudah, untuk penyiraman bunga dan rumput
2.    Instalasi sirkulasi air
Jika taman saya ada 2 kolam jadi harus ada sirkulasi (berhubungan) antara kolam  yang satu dengan kolam yang satunya lagi. Jadi saya membutuhkan pompa air.
Ikut terjun langsung dengan tukang membuat saya paham benar logika mesin pompa air. Yaitu, misal ada 2 ruang A dan ruang B. Ruang A disedot oleh mesin pompa air menggunakan pipa.
Lalu oleh mesin pompa di buang ke ruang B dengan pipa. Buatlah ruang B haruslah lebih tinggi dari ruang A, ruang B di beri batasan tinggi air dan jika air melebihi batasan maka air akan terbuang ke ruang A
3.    Instalasi pembuangan air
Buatlah pembuangan air yang mudah dan efisien sebab kalo tidak dipikirkan maka akan membuat repot dikemudian hari. Caranya, buat lubang di dasar kolam, buatlah saluran yang langsung pembuangan air atau got. Dan buatlah seperti di bawah agar kalo ingin menguras tinggal cabut pipanya aja sudah beres.

IMG_0137

IMG_0139

4.    Instalasi listrik
Ada dua yaitu untuk penerangan dan untuk pompa air
Nah instalasi yang baik tidak akan mengurangi keindahan taman maka dari itu pikirkan dan diskusikan dengan tukang. Untuk penerangan kreasikan aksimu jangan terpatok dengan aturan pemasangan lighting taman selama peletakaanya bukan back light (cahaya belakang) maka sah-sah aja
NB : Ajalahlah tukang anda untuk berdiskusi masalah ini, biasanya tukang sudah terbiasa untuk masalah kayak ginian, cuman mintalah kepada tukang agar lebih rapi, efisien dan tidak mengganggu pemandangan karena terkadang tukang kurang memperhatikan soal kerapian.

Setelah instalasi selesai maka carilah referensi di majalah maupun website tentang foto-foto taman yang anda inginkan. Cari yang sesuai dan cocok untuk diaplikasikan ditempat anda.

Perbaikan untuk kolam ikan
Kolam yang sudah tidak pernah diisi dengan air selama 1 tahun bisa dipastikan akan bocor, maka dari itu perbaikilah dengan waterproof , sebab penggunaannya sangat mudah dan cepat, tinggal seperti ngecat tembok saja. Sifat dari waterproof adalah menjadi seperti karet jika sudah menempel maka akan sangat efektif jika diaplikasikan untuk menambal kolam yang tidak tau dimana letak bocor atau rembesannya. Harganya sekitar 50 rebu dan ada berbagai macam warna.
Setelah selesai pengecetan dengan waterproof  maka biarkan selama semalam. Lalu isilah  air dan biarkan terendam dengan air selama 2 hari, setelah itu gosok dengan lap dan air lalu kuras air kolam agar racun di waterproof  hilang. Lalu isilah dengan air lagi. Setelah itu cek kolam itu masih beracun atau tidak caranya masukkan ikan kecil apa saja dan lihat reaksinya, jika sehat-sehat saja selama sehari berarti bisa mulai memasukan ikan dalam kolam.
Dan selanjutnya yang dipikirkan adalah gimana caranya agar air kolam penuh dengan oksigen. Ya.. cara mudah dan murah untuk harian dihidupkan tiap hari, yaitu dengan mesin pompa aquarium. Harganya cuman 35 ribu. Yang kita butuhkan cuman mesinnya aja. Aksesoris bawaan di copot aja sebab itu untuk aquarium

IMG_0117

Membuat tanah taman yang bergelombang dengan rumput
Belilah tanah 1 kol (1 bak mobil pick up). Inget tanah lho, bukan pasir soalnya ini juga berfungsi sebagai media tanam untuk tumbuhan. Dimana belinya??? Yah memang sulit tidak ada penjual tanah kecuali di toko tanaman tapi harganya muahal banget. Nah ngakalinya tanya penjual pasir atau toko bangunan trus minta tolong carikan tanah 1 kol. Kira-kira biayanya habis antara 70-110 ribu kalo minta lebih mending tanya toko pasir dan bangungan lainnya. Lalu timbunlah tanah ke bidang yang ingin ditinggikan setelah itu disiram dengan air agar tanah itu padat.

Menami rumput
Rumput manila sekarang sudah tidak tren lagi, rumput gajah lebih digemari namun rumput gajah musti rajin memotongi, nah ada solusi yang baik yaitu menggunakan rumput gajah mini.  Harganya 17.500 per setengah bagor, hmm.. kira kira bisa untuk 2,5 meter persegi. Cara menanam sirami tempat yang mau di tanami hingga sedikit becek lalu tinggal di paksa masuk ketanah

IMG_0111

membuat jalanan dari batuIMG_0108

list menggunakan blok kotak namun disusun berdiri, batu beli di tokok batu-batuan. Setengah karung harganya 20 ribu, tempat saya ada 6 jangkah normal membutuhkan 2,5 karung

Kategori:MY MIND
  1. September 12, 2014 pukul 11:50 am

    Great post. I used to be checking continuously this blog and I’m inspired!
    Extremely useful info specially the closing phase :
    ) I take care of such information much. I was looking
    for this certain info for a very lengthy time. Thanks and good luck.

  2. Agustus 1, 2014 pukul 11:48 pm

    Wonderful read. I feel I to want to start out producing blog posts again

  3. Juli 16, 2014 pukul 6:04 am

    Tremendous blog post. Exactly what your own sources? Constantly think it is slightly tough
    to start.

  4. Juli 11, 2014 pukul 12:25 am

    Stimulating read. Excellent ideas, well made.
    I believe you’re just right.

  5. Juni 19, 2014 pukul 7:53 am

    Really love checking out your blog. Do you have any specific
    ideas on how to set up one??

  6. Mei 3, 2014 pukul 6:14 am

    Hey, great blog article. It’s stimulated to investigate more on line.

  7. Juli 24, 2013 pukul 3:40 am

    Hi! I could have sworn I’ve been to this blog before but after going through a few of the posts I realized it’s new to me.
    Anyways, I’m certainly delighted I came across it and I’ll be book-marking it
    and checking back frequently!

  8. Juli 3, 2013 pukul 6:30 am

    Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have really enjoyed browsing
    your blog posts. After all I will be subscribing for your rss
    feed and I’m hoping you write once more very soon!

  9. Juni 19, 2013 pukul 9:45 am

    Your style is so unique compared to other folks I’ve read stuff from. Thanks for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just book mark this blog.

  10. Mei 3, 2013 pukul 11:10 am

    You can invest in term life insurance for 1 year or
    more up to 30 years. Due to the technology of the internet life insurance companies can now decide if you qualify
    for a life insurance policy almost instantly. You ought to make a listing
    of your entire belongings and liabilities ahead
    of heading for an insurance policy.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: