Beranda > FOTOGRAFI > Matamu Nongkrong Dimana

Matamu Nongkrong Dimana

Menurut saya membuat mata betah nongkrong pada suatu foto adalah penggunaan cahaya dan warna yang tepat (tentu hal ini berbeda dengan potograper yang lain sebab foto adalah berbicara soal selera). Saya hanya bahas soal foto yang baik dari segi pencahayaan dan dari segi warna walaupun masih banyak unsur-unsur yang menjadikan foto itu menjadi baik.

Kenapa saya lebih tertarik kepada cahaya dan warna, sebab saya suka melihat foto pada pandangan pertama dari mata saya (ceeeiileeee…) kemana mata saya pertama kali melihat foto tersebut, jika mata saya pertama kali melihat foto tersebut langsung menuju ke objek utama yang fotografer itu tampilkan maka saya menvonis foto itu baik (kayak hakim aja tukang menvonis seseorang).

Gimana caranya membuat foto sehingga mata orang pertama kali melihat foto tersebut menuju objek pertama (menurut saya fotografer kondang yang artinya fotografer kondangan lho..) :
Pertama cahaya : objek utama musti mempunyai pencahayaan lebih dari objek pendukung karena mata suka sekali melihat pada hal yang paling terang untuk pertama kalinya dari pada yang gelap. Maka dari itu buat lah objek utama intensitas cahayanya lebih banyak dari objek pada yang lain. Kalo ndak bisa dapet saat memotret, bisa gunakan photoshop menggunakan brun tool atau dodge tool.

Kedua warna : warna dominan akan sangat gampang sekali menarik mata kita dan mata kita akan betah nongkrong di warna dominan. Apa sih warna dominan, saya sebut warna vivid atau warna cerah (hihihi kayak produser film saru…) seperti warna merah, kuning, hijau, biru dll sedangkan yang saru lagi…. eh salah maksudnya satu lagi adalah warna pastel, warna-warna yang kalem-kalem seperti (pikir sendiri dong heheehe). Nah seandainya objek utama itu mempunyai warna yang paling dominan diantara warna lain berarti foto akan menjadi saru…eh salah, menjadi seru. Caranya kamu musti peka terhadap warna dan kamu musti pandai-pandai menyusun objek yang berwarna. Bisa dengan sacara berpindah-pindah tempat (view angel) untuk mengambil foto atau kalo emang ndak bisa kamu musti gunain photoshop trus mainkan di Hue/Saturation.

Caranya biar MATAMU melihat apa yang pertama kali dilihat dan nongkrong dimana? Ambil foto trus dihadapkan di mukamu kurang lebih 30cm trus pejamin matamu trus buka mata trus liat kemana lari matamu pertama kali.. ulangi jika masih belum yakin. Kalo matamu pertama kali melihat objek utama maka itu foto yang baik. sebab yang membawa matamu pertama kali melihat objek adalah cahaya dan warna yang dominan.

Kategori:FOTOGRAFI
  1. Maret 8, 2014 pukul 4:53 pm

    Hi! This post couldn’t be written any better! Reading this post
    reminds me of my previous room mate! He always kept chatting about this.

    I will forward this article to him. Pretty sure he will have a good read.
    Thanks for sharing!

  2. September 18, 2012 pukul 5:19 am

    Hey I know this is off topic but I was wondering
    if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my
    newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: