Beranda > FOTOGRAFI > Penggunaan Reflektor, Diffuser dan Fill-in

Penggunaan Reflektor, Diffuser dan Fill-in

Disini saya akan artikan satu persatu dan penggunaannya. (tulisan ini saya persembahkan untuk teman saya yang mencari pencerahan, semoga bermanfaat dan halahkan pembajakan hehehe).
Reflector adalah suatu alat untuk memantukkan cahaya dari sumber cahaya ke objek. Saya lupa nama alatnya yang resmi mungkin bisa dicari di website penjual kamera di bagian accessories trus cari reflector. Tapi saya menggunakan reflector dengan cara saya yang murah meriah namun berkwalitas yaitu dengan menggunakan alumunium foil (Tanya ama mama mu pasti tau deh) atau menggunakan storyovum (biasanya digunakan untuk menempel jadwal anak-anak kos)
Fungsinya reflector itu sendiri adalah mengisi bagian objek yang gelap dikarenakan sember cahaya utama tidak menyinari seluruh bagian objek. Dengan reflector sebagai alat bantu dapat meratakan cahaya sehingga bagian yang gelap dapat tersinari.
Caranya : ambil storyovum lalu dekatkan dengan objek. Trus cari cahaya dengan melihat objek jika objek terlihat intensitas cahaya  bertambah maka posisi itu yang tepat (dengan cara menaik turunkan, menyamping kiri  dan kanan storyovum) logikanya pantulkan sumber cahaya dengan storyovum ke objek.

Diffuser adalah alat yang dipasang di sumber cahaya agar tidak membuat bayangan menjadi keras, dalam hal ini sumber cahaya adalah lampu atau flash. Logikanya liat sendiri nih situs temuan saya http://saft7.com/?p=266
Fill-in adalah cahaya pengisi dimana cahaya utamanya menjadi dominan. Fungsi dari fill-in sendiri ya mengisi ruangan yang belum terisi cahaya. Hampir sama dengan reflector namun fill-in sendiri berbentuk sumber cahaya namun intensitas cahayanya kecil (sebagai pengisi cahaya dan cahayanya tidak dominan). Pernah nonton konser musik nah di panggung biasanya ada cahaya utamanya menyorot ke penyanyinya trus ada cahaya yang intensitasnya kecil (biasanya berwarna-warni) itu yang disebut  fill-in.


Kapan masing-masing itu digunakan

Reflector digunakan saat menggunakan sumber pencahayaan matahari atau karena flash dan lampu kita tidak bisa digunakan untuk menggunakan fill-in. Biasanya digunakan pada sesi pemotretan outdoor dan siang hari dimana matahari membuat bayangan dengan sangat kuat.
Diffuser digunakan kebanyakan di sesi pemotretan indoor sebab sumber pencahayaan objek biasanya adalah flash dan lampu dimana kita bisa memasang alat diffuser pada sumber cahaya.
Fill-in digunakan bisa kapan saja sesuai keinginan dan teknik yang akan digunakan. Pernah dulu saya yang memotret sunset di atas bukit. Sedangkan teknik yang saya gunakaan adalah menggunakan frontground pohon yang berdaun sebagai teknik framing, lalu saya menggunakan fill-in dengan flash built-in dari kamera saya. Alhasil foto saya apik sekali karena pohon yang berdaun tadi tadi kelihatan cerah sedangkan sunsetnya terlihat indah. Effek yang terjadi adalah fill-in tadi mengisi cahaya depan, seadainya saya tidak menggunakan fill-in yang terjadi adalah pohon yang berdaun tadi tidak akan kelihatan.

Kategori:FOTOGRAFI
  1. Anonim
    September 26, 2013 pukul 8:12 pm

    cara membuat alat difuser gmana om

  2. November 13, 2012 pukul 9:11 am

    Do you mind if I quote a few of your articles as long as
    I provide credit and sources back to your weblog? My blog site is in the very
    same niche as yours and my users would truly benefit from
    some of the information you provide here. Please let
    me know if this ok with you. Thanks!

  3. Mei 15, 2008 pukul 8:33 pm

    hehehe tak jawab jujur aja mapy.. saya lupa caranya masukin foto di wordpress hehehe… dulu diajarin tapi lupa hehehe maafken…
    chating dengan saya aja di YM id saya : iniangkasa

  4. mapy
    Mei 8, 2008 pukul 9:24 pm

    iya nih om angkasa
    kasih contoh sama bentuk alatnya
    biar aku ngerti..

    :):)

  5. Mei 8, 2008 pukul 10:10 am

    nah itu dia om sampelnya musti nguprek-nguprek dokumen lama om.. hehehe masih pakek film dulu.. kemudian hari saya akan coba buatkan sample buat sampeyan.

  6. Mei 8, 2008 pukul 9:30 am

    dikasi sampel yg pake fill-in dan yang tidak pake donk om

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: