Beranda > FOTOGRAFI > Kamus All about Fotografi

Kamus All about Fotografi

mari silahkan mencari yang belum mengerti tentang bahasa planet hehehe…. ini dimulai dari huruf abjad

Abberations = (aberasi-Ind.) Penyimpangan optik dalam sebuah lensa yang mengurangi kemampuan kerjanya, hasil gambar berbeda dengan yang seharusnya terutama pada bagian detailnya. Berbagai aberasi lensa adalah: astigmatism, barrel distortion, chromatic aberration, coma, spherical abberation. Lapisan lensa (coating) bertujuan mengurangi sebagian penyimpangan yang ada.
A/D Converter = Analog to Digital Converter = Pengubah Sistem Analog ke Sistem DigitalSuatu alat yang bisa mengubah informasi analog (foto atau sebingkai gambar video) menjadi serangkaian informasi digit yang dapat disimpan dan diubah-ubah dalam komputer.
Accelerator = Bahan-bahan kimia yang terdapat dalam larutan pengembang film untuk meningkatkan daya kerjanya. Dalam hal ini adalah alkali seperti sodium karbonat, borax atau (obat pengembang untuk hasil kontras yang tinggi) sodium hidroxid. Dikenal sebagai activator atau alcali component. Acid Bahan kimia dengan tingkat keasaman (pH) di bawah 7. Mengingat sifat-nya yang dapat menetralisir alkali, bahan kimia ini dipergunakan untuk menghentikan proses pengembangan film – terdapat dalam stop bath dan fixer.
Acutance = Perhitungan berlangsungnya perubahan tingkat kehitaman (density) tinggi ke tingkat yang lebih rendah dari sebuah film yang telah disinari pada suatu subyek berkontras tinggi (pengukuran menggunakan test chart).
chromatic lens = Sebuah lensa yang hanya mampu memfokus dua warna dalam satu titik fokus.
Access Time = Lama Waktu Pengaksesan
Lamanya waktu yang dibutuhkan suatu alat penyimpan data untuk mencari dan mengambil data
Active Pixel Sensor Technology = Teknologi Sensor Pixel Aktif Teknologi
CMOS APS menawarkan berbagai keuntungan dari teknologi alternatif atas dasar berbagai alasan. Alasan utama adalah biaya, tingkat integrasi, konsumsi energi dan kesederhanaan disain kamera. APS adalah hasil pengembangan alamiah kamera yang berdasarkan pada CMOS. Pada APS (sebagai varian CMOS) terdapat pengurangan bunyi pola tetap dan pengurangan gelombang gelap, yang mempertinggi perbandingan sinyal dengan kebisingan. Hasilnya adalah kualitas citra yang lebih bagus.
Active Matrix Display = Tampilan Matriks Aktif
Selain itu juga dikenal sebagai tampilan Transistor Film Tipis (TFT), yaitu teknologi tampilan kristal cair LLCD yang dipakai dalam kamera digital yang bisa menampilkan citra yang tajam dan cerah.
Adaptor ring Gelang = Penyambung yang dipasang pada bagian depan lensa yang memungkinkan dipakanya aksesori berdiamater berbeda (contoh: step up atau step down ring). Lensa berdiamater 52 mm dapat dipasangi filter berdiamater 62 mm (step up) dan sebalilknya (step down).
Additive Colors = Warna Gabungan
Merah, hijau dan biru dikenal sebagai warna gabungan karena merah + hijau + biru = putih.
AE Automatic Exposure Metering = Pengukuran Cahaya secara otomatis dalam kamera modern.
AE lock (AE-L) = Penguncian pencahayaan secara manual dari memori kamera (elektronik) sesuai keinginan si pemotret.
AF Auto Focus = penajaman gambar secara otomatis pada kamera modern (kamera elektronik).
AF converter = Tele converter khusus (biasanya 1.6x atau 2X) yang dipasang sebagai penghubung badan kamera auto focus dan lensa yang bukan auto focus. Elemen lensa di dalam AF converter akan bergerak maju mundur untuk menajamkan subyek gambar.
AF illuminator = Cahaya Infra Merah yang terpasang pada kamera atau lampu kilat modern. Gunanya untuk menerangi subyek pada cahaya lemah dan kemudian terbaca oleh memori kamera yang akan menentukan jaraknya.
AF lock (AF-L) = Tombol pada kamera atau lensa yang bila ditekan akan meng-hentikan kerja Auto Fokus pada posisi jarak terakhir.
Agitation = Pekerjaan mengaduk pada proses pengembanganfilm dan kertas foto. Caranya dapat dengan mengocok, menggoyangkan, memutar secara tertatur sampai citra (image) yang diinginkan muncul.
Algorithm = Algoritma
Suatu proses khusus dalam program komputer yang dipakai untuk pemecahan masalah tertentu.
Aliasing = Efek Aliasing
Suatu efek yang muncul karena contoh citra atau sinyal dilakukan pada tingkatan yang terlalu rendah. Efek ini menyebabkan area high texture (rapid change) dalam citra terlihat sebagai slow changr. Bila aliasing muncul akan sulit untuk mereproduksi contoh citra ke dalam citra asli yang akurat.
Analog Or Conventional Camera = Kamera Analog Atau Kamera Konvensional
Adalah kamera tradisional yang memakai film.
Angle of view = Sudut pandang dari dalam jendela pengamat kamera (dalam hal ini) yang tidak selalu sama dengan mata manusia. Tergantung pada jenis lensa yang kita pergunakan – normal, sudut lebar atau lensa panjang.
Anti-aliasing = Suatu proses untuk memperkecil efek aliasing dengan cara memperhalus sudut-sudut dimana pixel individual terlihat.
Aperture = Bukaan Lensa
Adalah suatu celah pada lensa yang memungkinkan sinar mengenai sensor citra suatu kamera digital. Aperture bisa berupa bukaan tetap atau bisa disesuaikan dan dikalibrasi dengan angka “F-stop”. Makin besar angkanya, makin kecil bukaan lensanya. Aperture menentukan seberapa banyak cahaya yang bisa masuk ke film kamera 35 mm atau ke rangkaian digital kamera digital, pada saat rana terbuka.
Application = Aplikasi
Suatu program software komputer yang didisain untuk suatu kebutuhan tertentu.
APS = Advanced Photo System = Sistem Fotografi Tingkat Lanjut
Suatu sistem fotografi yang dikembangkan bersama-sama oleh Kodak, Canon, Fuji, Minolta dan Nikon yang diperkenalkan April 1996. APS juga menunjukkan format file yang dipakai untuk menyimpan data dalam film baru yang berlapis magnetik.
Archive = Penyimpanan data dan citra berjangka lama. Biasanya data diarchivekan dalam berbagai jenis media magnetik atau optik seperti disk (CF, click, floppy disk), tape atau media optik seperti CD-R, CD-RW, MO atau DVD
Array = Rangkaian Data
Adalah suatu rangkaian teratur dari elemen data. Vektor adalah suatu rangkaian satu dimensi, matriks adalah rangkaian dua dimensi. Semua bahasa pemograman mempunyai kemampuan untuk menyimpan dan memanipulasi rangkaian data dalam satu dimensi atau lebih. Rangkaian Data multidimensi digunakan secara luas dalam dimensi scientific dan proses matematis; namun rangkaian data ini juga bisa berbentuk sederhana seperti tabel harga yang disimpan di dalam memori agar mudah diakses untuk dipakai dalam program sederhana.
Artifact = Artefak
Suatu penurunan kualitas yang tidak diinginkan dari citra elektronik. Biasanya muncul saat dilakukan saat pengambilan citra, manipulasi atau saat citra di outputkan.
ASA = American Standards Association yang menentukan kepekaan emulsi film 1 dari 2 sistem yang paling banyak dipakai. atau populer di sebut ISO. ini hanya perbedaan penyebutan.
ASIC = Application Specific Integrated Circuit atau Sirkuit Terpadu untuk Aplikasi Khusus
Dibacanya = A-Sick. Adalah suatu chip yang dirancang khusus untuk suatu keperluan spesifik. (Bukan untuk kegunaan umum seperti micro processor). Penggunaan ASIC akan meningkatkan kinerja CPU kru ASIC dirancang untuk melakukan suatu pekerjaan khusus dan tidak melakukan pekerjaan yang harus melalui interpretasi instruksi terlebih dahulu. Kalau sirkuit ASIC dirancang dengan efisien, maka operasi elektronik bisa dilakukan dengan sangat cepat. Ada macam-macam sirkuit ASIC yang tersedia, misalnya untuk melindungi dari goresan yang akan membuat waktu kinerja menjadi sangat lama, hingga chip yang bisa mengatur rangkaian data dan bisa menginterpretasikan program logik.
ASIC Chipset = Chipset ASIC
Sekelompok chip ASIC yang dirancang untuk bekerja bersama melakukan suatu fungsi. Sebagai contoh, chipset modem mengandung berbagai sirkuit yang bekerja untuk mengirim dan menerima sinyal. Chipset PC merupakan electronic interface antar seluruh sub sistem. Serangkaian ASIC dapat dikombinasikan sebagai suatu blok bangunan tempat melaksanakan suatu pekerjaan.
Aspect Ratio = Perbandingan Aspek
Perbandingan dimensi vertikal dan horizontal suatu citra. Untuk perbandingan bisa dilihat :
– Film 35 mm adalah 38 mm x 24 m atau 3 : 2 (1,5)
– Televisi NTSC adalah 4 : 3 (1,33)
– High Definition TV (HDTV) adalah 16 : 9 (1,77)
– Film 4 x 5 adalah 5 : 4 (1,25)
– EFS-1 adalah 1280 : 1024 (1,25)
Astigmatism = Ketidakmampuan sebuah lensa untuk memfokus garis-garis vertical dan horizontal dalam bidang gambar yang sama (focal plane). Lensa yang sudah dikoreksi dari astigmatism disebut lensa anastigmatic.
Auto = Otomatis
Perlengkapan penyinaran yang bisa mengatur fokus, keseimbangan cahaya, kecepatan rana dan pengaturan “iris” agar sesuai dengan kebutuhan pemotretan pada situasi dan lingkungan yang berbeda.
Automatic camera Kamera yang dilengkapi dengan pengukur cahaya di dalamnya yang secara otomatis akan mengatur bukaan lensa dan kecepatan rananya untuk mendapat penyinaran yang tepat (normal).
Auto Focus = Fokus Otomatis
Suatu alat yang bisa mengatur kamera agar bisa secara otomatis mengatur fokus pada segala sesuatu yang tampak ditengah jendela pembidik, sehingga fotografer tidak perlu mengatur lensa secara manual.
Auto Print = Pencetakan Otomatis
Suatu fungsi pencetakan pada printer yang memungkinkan suatu citra dicetak dari sebuah memory card seperti Compact Flash, Smart Media, PC Card.
Background Processing = Suatu pengaturan yang memungkinkan operator komputer tetap bekerja meskipun komputernya sedang bekerja, misalnya mengirimkan data ke printer.
Banding = Suatu artefak gradasi warna dalam pencitraan dengan komputer, dimana gradasi warna melebur dengan warna tunggal, sehingga gambar tidak bisa terlihat tajam dan halus seperti kalau gradasi warna bisa sesuai kebutuhan.
Bandwith = Lebar Gelombang Menunjukkan besaran informasi yang dapat bergerak antara dua titik pada satu periode tertentu.
Bayer Pattern = Pola Bayer Suatu pola yang terdiri atas 4 pixel dalam rangkaian citra yang mengalami penyaringan warna dengan proses algoritma untuk menentukan warna dari suatu scene.  Pola Bayer adalah suatu teknik yang mengatur warna biru, merah, hijau dan hijau tambhan untuk membentuk pola 4 pixel. Keempat pixel ini kemudian diproses untuk menentukan warna yang dilihat si pencitra di tempat rangkaian pencitraan.
BBS = Bulletin Board Service Suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan modem, biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah, untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program, untuk keperluan tanya-jawab dan akses informasi serta untuk menerima dan menyebarluaskan pengumuman-pengumuman perusahaan dan sebagainya.
Binary = Suatu sistem pengkodean atau perhitungan dengan dua simbol kondisi (misalnya on/off, nol/satu, tinggi/rendah, kosong/isi). Sistem Binary adalah dasar bagi penyimpanan data dalam komputer.
Bit = Suatu digit Binary yang menunjukkan kuantitas dasar yang mewakili 1 atau 0 (atau on/off dsb)
Bit Depth = Besaran Bit Jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan tiap titik dalam representasi citra grafis. Makin besar jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan suatu titik, semakin banyak warna dan atau bayangan abu-abu yang dapat dibuat.
Bitmap = Gambar grafis komputer yang terdiri atas titik-titik yang membentuk baris dan kolom.  Citra yang terbentuk terdiri atas titik dan pixel. Pada citra raster, citra terdiri atas barisan pixel dan bukan vektor yang memiliki koordinat. Satu titik direpresentasikan oleh satu atau lebih bit data. Makin banyak bit yang digunakan untuk mempresentasikan satu titik, makin banyak warna dan bayangan abu-abu yang bisa digambarkan.
Bulb setting = Terletak pada tombol pemilih kecepatan. Bila kita memilih posisi B, maka perhitungan kecepatan akan menjadi manual sepenuhnya Kamera harus menggunakan kaki tiga (tripod) dan cable release untuk menghindari gerakan.
Bluetooth = Bluetooth Special Interest Group, http://www.bluetooth.com <http://www.bluetooth.com>  Suatu konsorsium perusahaan komputer dan telekomunikasi yang dibentuk tahun 1998 oleh Ericsson, IBM, Intel, Nokia & Toshiba. Konsorsium ini mendukung pengembangan transmisi wireless jarak pendek antar PC mobile, telepon seluler dan peralatan portabel lain.  Bluetooth menyediakan transfer data 720 Kbps dalam range 40 feet. Bluetooth menggunakan gelombang radio yang omni direksional dan dapat menembus dinding. Ini berbeda dengan IrDa yang menggunakan teknologi pandang dan perlu satu sama lain agar bisa melakukan kontak.  Teknologi yang dipakai oleh Bluetooth menggunakan gelombang ISM 2.4 GHz (Industrial Scientific Medical), yang tidak mendapat lisensi dari FCC. Frekuensi ini juga digunakan oleh LAN Wireless dan sistem telekomunikasi. Bila ada interferensi gelombang dari peralatan lain, transmisi tidak berhenti tapi kecepatannya agak menurun. Nama Bluetooth berasal dari King Harald Bluetooth dari Denmark. Ericsson (suatu perusahaan Skandinavia) adalah perusahaan yang pertamakali mengembangkan spesifikasi ini.
BMP = Suatu format file atau ekstensinya untuk format file grafis bit mapped windows yang menyimpan citra sebagai grid titik-titik atau pixel. Dalam windows atau DOS suatu file bitmap akan diberi nama seperti : image01.bmp, dimana dibelakang titik (.) ada ekstensi bmp. File dengan nama seperti ini menunjukkan file jenis bitmap.
Bounce = Penggunaan cahaya lampu kilat yang di pantulkan ke langit-langit atau bidang lain sehingga cahaya menerangi objek secara merata
Bracheting = Pengambilan gambar yang sama menggunakan pengukuran pencahayaan yang berbeda
Brightness = Kecerahan Adalah nilai satu pixel dalam suatu citra, yang menunjukkan tingkat kecerahannya dari hitam sampai putih. Tingkat kecerahan biasanya dinilai dari 0 (hitam) hingga 255 (putih).
Brightness range = Selisih perhitungan dari bagian yang palling gelap hingga ke yang paling terang dari suatu foto.
Buffer = Penyangga Adalah suatu area khusus yang diatur secara temporer dalam hardware atau software. Umumnya semakin besar buffernya, maka semakin cepat komputer dapat memproses data.
Bundled Software = Software Bawaan Aplikasi software yang menyertai produk seperti kamera digital. Software bawaan meningkatkan kinerja produk yang menyediakan kemampuan tambahan, misalnya kemampuan memanipulasi citra.  Hampir semua kamera diigital dilengkapi dengan software untuk mentransfer gambar ke komputer termasuk sebuah driver Twain dan aplikasi pencitraan.
Calibration = Kalibrasi
Penyesuaian warna suatu alat relatif terhadap alat lain, misalnya antara monitor dengan printer, atau scanner dengan film recorder. Atau bisa juga merupakan proses penyesuaian warna suatu alat terhadap standar warna atau pola yang telah ada.
Candid pictures = Foto seketika yang tidak diatur, bahkan tanpa diketahui oleh subyeknya. Foto candid semacam ini terlihatlebih wajar dan alami dibanding dengan foto yang diatur.
CCD :Akronim dari Charge Coupled Device (CCD)
Suatu alat pencitraan untuk menkonversikan cahaya menjadi arus elektrik yang proporsional (analog). Sebuah CCD memiliki lapisan-lapisan filter yang membagi spektrum warna menjadi warna merah, hijau, biru agar bisa diproses secara digital oleh kamera. Ada dua macam jenis CCD, yaitu rangkaian linier yang digunakan dalam scanner datar, alat pengcopy digital dan Scanner Graphic Arts; serta rangkaian datar yang dipakai dalam comcorders, kamera video tidak bergerak, kamera-kamera digital dan high performance.
CD = Compact Disc = Cakram Padat
Adalah suatu media plastik yang diisi dengan pengkodean laser, didisain untuk menyimpan sejumlah besar data. Ada berbagai format CD yang tersedia untuk penggunaan bagi komputer.
CD Drive = Drive CD
Suatu drive untuk merekam atau memainkan CD. Yang paling sering dijumpai adalah CD – ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto – optical) dan WORM (Write Once, Read Many).
CD – ROM = Compact Disk Read Only Memory. CD yang tidak bisa dipakai untuk menulis ulang digunakan dalam penyimpanan data komputer.
Channel = Sepotong informasi yang disimpan dalam suatu citra.
Citra warna asli (true color) misalnya, punya tiga channel, merah, hijau, biru.
Chemical or Conventional Film = Film Kimiawi atau Konvensional
Film yang dipakai oleh kamera konvensional, berdasarkan proses kimia perak halida.
Chipset = Sekelompok chip yang dirancang untuk bekerja dalam suatu kesatuan dalam menjalankan suatu fungsi sebagai contoh, chipset modem memiliki sirkuit untuk mengirim dan menerima data. Chipset PC dapat menjadi penghubung elektronik semua subsistem.
Chroma = Adalah warna elemen citra atau pixel. Chroma terbentuk dari saturasi + nilai hue, tapi terpisah dari nilai luminansi.
Clik! = Disk Clik! adalah disk kecil yang removable dengan kapasitas 40 MB produksi Iomega. Clik! merupakan solusi penyimpanan data yang sederhana, murah dan dapat dibawa-bawa.
Clock Signal = Sinyal jam
Jam adalah alat pengukur waktu internal. Sinyal jam adalah pulsa waktu yang ditimbulkan oleh sebuah jam. Jam CPU mendetakkan hidup si CPU dengan energi dari kristal quartz. Cpu 200 MHz menerima 200 juta pulsa perdetik. Demikian pula pada alat komunikasi, jam mensinkronkan pulsa data pengirim dengan penerima. Jam yang beneran menunjukkan waktu dalam sehari dan data waktu diakses oleh software. Suatu jam gabungan menginterupsi CPU secara berkala dan memberikan kesempatan untuk membagi waktu antara pengguna komputer yang sedang bekerja dengan aplikasi yang sedang dipakai.
Close up = Pengambilan foto dari jarak yang sangat dekat – dalam hal ini kurang dari 1 meter hingga beberapa cm saja.  close-up lens Sebuah elemen lensa tambahan yang dipasang pada lensa untuk pemotretan jarak sangat dekat.
CMOS = Complementary Metal Oxide Silicon (dibaca Simos).
Sejenis alat sirkuit integrated pencitraan yang umum dipakai untuk prosesor, memori dan sensor citra untuk kamera.digital dan kamera video. Sensor pencitraan CMOS membutuhkan tenaga operasi lebih kecil dari CCD, tapi perlu lebih banyak sinar untuk menangkap suatu citra. EFS-1 memakai rangkaian CMOS 1,3 juta pixel.
CMS = Color Matching System = Sistem Penyesuaian Warna
Suatu program software (atau kombinasi software dan hardware) yang dirancang untuk memastikan kesesuaian warna dan kalibrasi antara video atau monitor televisi dengan segala bentuk output hard copy.
CMY = Cyan – Magenta – Yellow
Adalah ketiga warna primer subtraktif. Printer menggunakan gabungan ketiga warna ini untuk bisa mencetak berwarna.
CMYK = Cyan, Magenta, Yellow, Black
Merupakan salah satu kombinasi warna yang dipakai oleh printer, dimana keempat warna tersebut akan dipadukan menjadi berbagai variasi warna. Dalam sistem CMYK warna diekspresikan dengan warna-warna subtraktif (cyan, magenta, kuning dan hitam). Hitam disingkat K atau “Keyline” karena hitam terlihat didalam layer sebagai Keylined Text. Sistem pencetakan CMYK juga terdiri atas keempat warna di atas.
Coated lens = Lensa yang diselaputi dengan lapisan (coating) tembus cahaya (transparan) yang bertujuan mengurangi pantulan cahaya pada permukaan lensanya. Lensa yang diberi lapisan ini meneruskan sinar lebih sempurna daripada lensa yang tidak diberi lapisan
Coated Paper Stock = Kertas Lapis
Adalah kertas lapis yang dilapisi sesuatu di kedua belah atau salah satu bidangnya untuk meningkatkan kualitas pencetakan.
Color Corection = Koreksi warna
Suatu proses untuk mengkoreksi atau meningkatkan warna suatu citra.
Color Depth = Kemampuan Warna
Jumlah bits yang dapat merepresentasikan warna dalam suatu kamera, printer atau tampilan.
Compact Flash (CF) = Suatu memory card yang kecil yang dapat disisipkan dalam kamera digital atau suatu file untuk menyimpan data. CF adalah kartu penyimpan memory paling populer yang digunakan dalam kamera digital gambar tidak bergerak. Kartu CF dapat disisipkan dalam adaptor PC Card (PCMCIA) yang dapat dimasukkan dalam Slot PC Card komputer notebook. Data dalam CF memory card juga dapat dibaca langsung oleh komputer yang dilengkapi CF Card Reader yang dihubungkan langsung ke PC secara paralel maupun melalui USB Port. Pengguna MAC dapat terhubung dan membaca data melalui USB port.
CF+II = Compact Flash II
CF+II adalah CF standard yang dikembangkan berdasarkan spesifikasi dasar CF. CF+II lebih tebal dari seri sebelumnya karena didalamnya ada disk drive yang mempunyai kemampuan rotasi tinggi seperti mikro drive.
Compatibility = Kompatibilitas atau Kesesuaian
Adalah kemampuan suatu program software atau peralatan hardware untuk bekerja bersama program atau peralatan lain. Dalam kaitan dengan kamera digital, kompatibilitas berhubungan dengan jenis komputer yang dirancang untuk bisa bekerjasama dengan kamera itu, misalnya PC, Macintosh atau keduanya. Di Twain driver ada tulisan yang tertempel, menunjukkan spesifikasi yang dibutuhkan agar terdapat kesesuaian spesifikasi yang dibutuhkan agar terdapat kesesuaian antara hardware (kamera) dengan software (program aplikasi).
Composite Video = Adalah sinyal video yang dihasilkan dari kombinasi antar sinyal-sinyal elektronik. Composite video adalah standar sinyal televisi.
Composition Komposisi = Tata letak dalam suatu bidang gambar (foto).
Compression = Kompresi
Adalah reduksi ukuran file data agar menghemat ruang penyimpanan file dan memperpendek waktu transfeer file. Teknik kompresi berkisar antara upaya-upaya memperkecil ukuran file tanpa harus menghilangkan informasi-informasi penting. Kompresi file dapat bersifat “lossy” seperti JPEG atau “lossless” seperti TIFFLZW. Kompresi lossy memungkinkan kompresi data lebih kecil daripada jenis lossless. JPEG adalah format file yang memakai algoritma kompresi untuk memampatkan ukuran grafis agar penyimpanan dan transmisi lebih cepat dan mudah.
Continuous Tone = Tone Kontinyu
Suatu citra dimana ketajaman warna terlihat konsisten dan tanpa interupsi. Tiap pixel dalam file citra tone kontinyu menggunakan setidaknya satu byte untuk warna merah, hijau, biru. Hasilnya adalah 256 tingkatan kepadatan warna per warna yang menghasilkan lebih dari 16 juta campuran warna.
Contouring = Pengkonturan
Suatu efek visual dari suatu citra yang diakibatkan karena rendahnya resolusi ketajaman warna, yang terlihat seperti pita perubahan warna yang tajam, jelas mirip dengan “banding”.
Contrast = kontras
Suatu pengukuran tingkat perubahan ketajaman warna suatu citra. Sangat kontras berati ada warna sangat hitam dan putih bersih. Kontras sedang berarti ada beberapa perbeedaan warna hitam hingga putih. Tidak kontras berarti tidak banyak perbedaan warna dari hitam ke putih.
CPU = Central Processing Unit
Adalah chip utama dalam komputer dimana semua informasi diolah.
Cropping Tool = Alat Pemotong
Alat pemotong disini mensimulasikan alat pemotongan gambar tradisional yang berarti upaya untuk memotong gambar sesuai kebutuhan.
Data = Nama generik untuk segala sesuatu yang diinputkan, diambil atau disimpan dalam komputer. Semua data harus punya format digital
Default Setting = Aturan tetap Suatu parameter tetap pada program komputer atau peralatan yang selalu digunakan bila tidak dirubah oleh pengguna komputer.
Dithering = Penyederhanaan Warna Suatu metoda untuk mensimulasikan banyak warna atau bayangan abu-abu sehingga menjadi tidak terlalu banyak alternatif warna.  Sejumlah pixel yang berwarna sama yang letaknya berdekatan terlihat sebagai warna baru.
Diffusion Dithering : Suatu metoda “dithering” yang mendistribusikan pixel secara random sebagai alternatif dari penggunaan suatu pola tertentu.
Double exposure : Permukaan film/kertas cetak yang mendapat dua kali penyinaran. Hasilnya dua gambar yang bertumpuk dalam satu bidang.
Dot Matrix = Matriks Titik Suatu teknologi pencetakan yang menggunakan titik sebagai pembentuk citra.
Download Suatu proses transfer file, citra atau informasi lain dari satu peralatan ke alat lain.
DPI = Dot per Inch = Jumlah Titik tiap Inci Ukuran resolusi printer atau monitor video berdasarkan kepadatan titik.  Sebagai contoh, printer laser memiliki resolusi 300 dpi, sebagian besar monitor 72 dpi, Post Script Imagesetter 1200 – 2450 dpi. Ukuran ini juga bisa menyatakan jumlah pixel dalam sebuah file input atau titik line screen (halftone screen) pada suatu output film “prepress”.
Driver = Suatu software utility yang didisain untuk memberitahukan komputer bagaimana cara mengoperasikan suatu peralatan fisik ekstrenal. Sebagai contoh, untuk menghasilkan priter kamera atau scaneer, komputer memerlukan driver khusus.
Dye Thermal Sublimation = Tinta Uap Panas Suatu teknologi pencetakan menggunakan warna tone kontinyu. Teknologi ini memungkinkan variasi intensitas titik, sehingga terbentuk banyak warna. Zat pewarna diuapkan ke kertas menggunakan panas dan tekanan, sehingga terlapis ke kertas atau transparansi. Titik-titik semi transparan dari warna cyan, magenta dan kuning dari berbagai intensitas (biasanya ada 256 inntensiatas) ditumpangtindihkan sehingga membentuk lebih dari 16 juta alternatif warna.   Printer Thermal Dye memerlukan kertas berlapisan khusus dan 3 atau 4 kotak warna tinta. Ketiga warna pertama adalah CMY dan warna ke 4 adalah pelapis transparan.  Printer yang lebih berkualitas menggunakan CMY dan K. Citra yang dicetak dengan printer tinta cetak panas memiliki kualitas sangat bagus.
Dynamic Range = Dynamic range mengukur range sinyal yang dapat dideteksi atau diproses oleh suatu sensor atau alat dari sinyal terlemah sampai terkuat. Dynamic range adalah angka yang menunjukkan kemampuan rangkaian citra kamera untuk menangkap sederetan bayangan dan sinar yang kuat.  Makin lebar (besar) angka dynamic range, makin besar pula range tone yang bisa ditangkap, dari paling gelap sampai paling cerah.
(e) Film = Kartrid “(e)film” adalah film digital dari Electronic Film System-1. Kamera yang memakai (e) film adalah kamera digital film tidak bergerak 1,3 MP.
Kartrid (e)film dilekatkan pada kamera untuk menangkap citra. Untuk mendownload citra, kartrid (e)film dilekatkan pada suatu “(e)port carrier”.
(e)Port = (e) port carrier adalah tempat menaruh kartrid (e)film bila dikeluarkan dari kamera 3 mm SLR. (e)port merupakan tempat penyimpanan kartrid (e)film yang aman dan bersih, dan juga merupakan interface untuk mendownload citra-citra dalam kartrid ke dalam komputer menggunakan USB atau PC Card (PCMCIA).
(e)Box = (e)box dipakai untuk mentransfer citra dari (e)film ke alat penyimpanan Memory Compact Flash (CF). Compact Flash Memory Card adalah tempat penyimpanan image sementara saat anda berada di lapangan, jauh dari komputer atau situasinya kurang tepat untuk mendownload image dari (e)film atau (e)box. Setelah citra ditransfer dari (e) film ke sebuah CF, maka (e)film bisa dipakai lagi.
EFS-1 = Electronic Film System-1
Adalah sistem film elektronik yang dikembangkan oleh Silicon Film Tecnologies. EFS-1 mencakup kartrid (e)film, (e)port carrier, modul penyimpanan (e)box, kabel USB untuk menyambungkan ke komputer, software driver, software editing citra dan software driver serta sebuah Field of View Guide. EFS-1 menyederhanakan proses digital dan memperkecil langkah serta peralatan yang diperlukan untuk suatu proses pemotretan yang nyaman dan menyenangkan. EFS-1 adalah suatu inovasi teknologi yang unik yang memungkinkan untuk menjembatani gap antara fotografi dengan film tradisional dan pencitraan digital.
EPS = Encapsulated Post Script :
Suatu format file grafis yang memungkinkan pertukaran file grafis Post Script dalam berbagai program aplikasi.
Ethernet = Jaringan lokal untuk transmisi data antar komputer yang terinterkoneksi. Transmisi data dengan Ethernet cukup murah ; dengan kecepatan hingga 100 juta bits per detik.
Esai foto = (Biar foto yang bicara):), merangkai foto menjadi cerita bertema.
ESP = Elektro-Selective Pattern (Sistem pengkuran cahaya otomatik, di saat kondisi kesenjangan kecerahannya sangat besar)
Eye piece Blind = Tirai penutup jendela bidik
EXIF = Exchangeable Image Format
Suatu format file yang digunakan pada banyak kamera digital.
Export = Proses pengiriman/pemindahan data dari satu komputer, program, sejenis format file atau alat tertentu ke yang lain.
Exposure mode = Modus pencahayaan, pada umumnya ada 4 tipe: manual (M), Aperture priority (AV), Shutter priority (S) dan Program auto (A)
Exposure compensation = Kompensasi pencahayaan, membuat alternatif pencahayaan dari normal menjadi lebih atau kurang
DOF =  Depth of Field = ruang ketajam, merupakan jarak, dimana gambar masih terlihat tajam/focus, beragntung pada: difragma, panjang lensa dan jarak objek.
Fiber Options = Serat Optik
Suatu sistem optik yang menggunakan gelas kaca atau serat plastik transparan sebagai media penerus cahaya.
File = Suatu kumpulan informasi, dalam bentuk text, data atau citra yang disimpan dalam disk atau hard drive.
File Format = Format File
Suatu jenis program atau file data. Format file citra antara lain JPG, BMP, TIFF, PICT, GIF dan EB.
File Server = Server File
Suatu komputer yang berfungsi sebagai komponen penyimpanan jaringan lokal dan bisa mengatur agar para pengguna bisa memakai bersama-sama hard disk, file dan tempat penyimpanan file.
File Factor = Faktor Penampil
Persentase bidang fisik pixel pencitraan yang dapat mendeteksi sinar. Sebagian pixel dapat melakukan fungsi tambahan seperti pemrosesan sinyal dan transfer data. Presentase pixel pencitraan yang benar-benar digunakan untuk tampilan citra disebut Fill Factor.
Fill In flash = Blitz pengisi, dalam kondisi tidak memerlukan blitz, blitz tetap dinyalakan untuk menerangi bagian-bagian yang gelap seperti bayangan
Film Recorder = Perekam Film
Suatu alat yang digunakn untuk merekam citra digital kedalam film photosensitive
Firewire = Kabel Penghubung Video ke Komputer
Serial bus berkecepatan tinggi ini dikembangkan oleh Apple dan Texas Instrument, memiliki kemampuan untuk menghubungkan hingga 63 peralatan. Dikenal juga sebagai standar IEEE 1394, dengan spec yang memiliki transfer rate 100, 200 dan 400 Mbits/detik. Fungsi-fungsi yang didukung oleh Firewire adalah Hotswapping. Kecepatan ganda pada bus yang sama dan tansfer data asinkronus, yang mengatur lebar gelombang operasi multimedia. Firewire akan dipakai secara luas untuk menghubungkan peralatan video ke komputer.
FITS = Functional Interpolating Transformation System = Sistem Transformasi Interpolasi Fungsional
Suatu format yang berisi seluruh data yang dipakai untuk mendisain dan mempersatukan file-file yang amat besar menjadi struktur matematis yang kecil dan efisien.
Fixed Memory = Memory tetap
Adalah flash memory yang built in, internal dan removable yang memungkinkan untuk menyimpan citra didalam kamera sebagai ganti penyimpanan dalam disk atau card.
Flash Cards = Kartu penyimpanan citra yang ukuran dan tampilannya serupa dengan kartu kredit. Dipakai untuk menyimpan citra dari kamera digital.
Flash Memory = Memory chip yang tetap bisa menyimpan data meskipun power sudah dimatikan atau kamera telah dimatikan. Keuntungan kamera digital yang memakai flash memory adalah image tidak hilang meskipun batere “habis”. Flash Memory tidak memerlukan power untuk bisa menyimpan citra yang telah direkam dalam kamera.
Flash Pix = Nama dagang file format untuk menyimpan citra multi resolusi menjadi sederetan rangkaian independen.
Flash Sync = Sinkron kilat, kecepatan maksimum agar body dan flash masih bekerja harmonis
Flatbed Scanner = Pemindai Datar
Suatu pemindai dimana citra sumber tetap diam selama sensor (biasanya rangkaian linier (CD) lewat dibawahnya. Material yang discan ditekan menjadi datar dan bukan dikelilingkan dalam suatu drum.
Floopy Disk = Suatu media penyimpanan data komputer yang removable, terdiri atas sebuah disk plastik yang dilapisi material magnetik dikedua sisinya.
Jenis yang paling umum adalah 3,5 inci, yang terlindung oleh kotak plastik keras
Focal Length = Jarak dari lensa ke suatu titik dimana fokus dipusatkan, biasanya diukur dalam satuan milimeter.
Focusing Screen = Suatu layar atau lapisan yang diletakkan di bidang datar pencitraan suatu SLR yang bisa menangkap tampilan visual, dan menjadi referensi fotografer sebagai sasaran untuk menentukan bingkai dan fokus suatu obyek. EFS-1 menggunakan focusing screen yang bisa mendefinisikan limit bidang pandangan sensor pencitraan CMOS.
Fps : Frame per second. Satuan kecepatan pengambilan gambar dalam gambar perdetik
F-Stop = Suatu angka yang menunjukkan besarnya ukuran bukaan lensa. Makin besar angkanya, makin kecil bukaan lensanya.
Fulfillment = Kelengkapan Produk
Kelengkapan suatu produk yang diselesaikan dan dikirimkan dari pabrik, siap untuk dipasarkan.
Full Bleed = Cetak Melebar
Suatu istilah yang menggambarkan bahwa pencetakan suatu citra melebar sampai ke tepi kertas cetak.
Genuine Fractals = Suatu software meningkat kualitas citra yang diproduksi oleh kelompok Altamira untuk meningkatkan resolusi citra menggunakan geometri fractal.
GIF = Graphic Interchange Format Suatu format file grafis yang berbentuk raster, dikembangkan oleh Compuserve untuk mengubah file citra menjadi beberapa lapisan. Format file grafis bit.map ini umum digunakan untuk menyimpan data citra beresolusi rendah. Biasanya dipakai dalam web sites.
Gigabyte (GB) = Ukuran besaran memory atau disk komputer yang berkisar antara ribuan juta byte (atau seribu mega byte). Angka tepatnya adalah 1.073.741.824 bytes (1024 megabytes).
GN = Guide number. Kekuatan cahaya blitz merupakan perkalian antara jarak (dalam meter atau feet) dan diafragma
Gray Level = Tingkat Keabu-abuan Tingkat kecerahan pixel. Suatu angka yang menunjukkan kecerahan pixel, menunjukkan kecerahannya dari hitam ke putih. Tingkat kecerahan pixel dinyatakan dengan angka dari 0 hingga 255, 0 adalah hitam dan 255 putih.
Grayscale = Skala Keabu-abuan Suatu istilah untuk menyebutkan satu citra yang memiliki warna abu-abu, hitam dan putih. Grayscale menunjukkan jumlah warna (dari abu-abu, hingga hitam – putih) yang ada dalam satu citra. Makin besar angka grayscale, citra yang terbentuk makin mendekati kenyataan.
Green Text = Green Text digunakan dalam manual EFS-1 untuk menunjukkan istilah teknis atau akronim yang terdapat dalam Glossary of Terms EFS-1.
GUI = Graphical User Interface = User Interface Grafis Adalah citra grafis yang ditampilkan di layar komputer yang memungkinkan untuk mengakses aplikasi software dengan memakai menu dropdown, dialog box, radio button, check box, panel, tabs, toolbar, icon shortcuts dan tool lain. GUI dibuat agar pengoperasian program dan aplikasi dapat dilakukan dengan sederhana, intuitif, efisien dan menyenangkan. Sebagai contoh TWAIN DRIVER GUI EFS-1 (juga disebut photo-shop plug-in) bisa memungkinkan hardware dan software EFS dikontrol dan diatur dengan mudah dan efisien.
Halftone = Image Suatu citra yang direproduksi melalui sebuah layar khusus dengan tampilan titik yang terdiri atas berbagai ukuran untuk mensimulasikan berbagai warna abu-abu dalam foto. Teknologi Halftone merupakan teknologi yang dipakai untuk mereproduksi citra dalam koran/majalah.
High Color = Warna Tinggi
Suatu tampilan sistem yang memakai data warna 16 bit untuk tiap pixelnya. Pada warna 16 bit, tiap pixel memiliki 16 bits, dan bisa merepresentasikan 65 ribu (65.536) jenis warna. Warna 16 bit sering disebut sebagai warna tinggi atau ribuan warna.
Hue = Suatu istilah untuk menyatakan seluruh rangkaian warna spektrum. Hue adalah komponen yang menentukan warna apa yang digunakan. Dalam gradien, bila digunakan model warna yang menggunakan hue sebagai salah satu komponen, maka akan dapat dibuat efek pelangi.
Hyper-link = Serangkaian text atau citra (yang dapat diperoleh dengan mengklik tombol mouse sebelah kiri) yang dapat membawa ke posisi lain dalam suatu dokumen atau ke bagian lain WWW. Manual EFS-1 banyak menggunakan hyperlink agar dapat berpindah-pindah dari satu topik ke topik lain.
ICC = International Color Consortium = Konsorsium Warna Internasional
Didirikan pada tahun 1993 dengan tujuan untuk menciptakan standarisasi dan evolusi sistem pengaturan dan komponen manajemen warna yang bersifat antar pengguna dan netral.
Icon = Suatu simbol atau gambar grafis yang kecil di layar komputer yang menunjukkan file, folder, disk atau command.
Image = Citra
Suatu representasi keadaan visual. Kamera konvensional mereplikasikan suatu keadaan dengan merekam molekul-molekul pada sepotong film menggunakan kimiawi perak halida. Citra digital disimpan secara elektronik dengan bit data yang merepresentasikan warna.
Image File Formats = Format File Citra
Suatu cara yang berbeda untuk menyimpan citra grafis digital. Tiap format punya kelebihan, yaitu JPEG, GIF, BMP, TIFF, PICT, FPX, PNG. Setiap perusahaan pembuat software mencoba untuk membuat software pencitraan yang bisa mendukung beberapa format grafis sekaligus. Format JPEG adalah format yang paling populer untuk menyimpan data dari kamera digital.
Image Pac = Adalah format file citra multi resolusi yang merupakan bagian dari Photo CD System.
Image Processing = Pemrosesan Citra
Penangkapan suatu citra hingga manipulasi citra tersebut agar diperoleh citra yang lebih jelas atau untuk membuat ekstrak citra.
Image Resolution = Resolusi Citra
Jumlah pixel per satuan panjang citra. Sebagai contoh jumlah pixel per inci, jumlah pixel per milimeter atau lebar pixel. Dikenal juga sebagai resolusi spatial atau resolusi ruang.
Image Science = Ilmu Pencitraan
Adalah ilmu pengetahuan tentang pengubahan sinar menjadi elektron, pemrosesan agar elektron tersebut dapat secara elektronik bisa menggambar dengan tepat warna asli citra, dan tentang kompresi serta penyimpanan informasi citra kedalam file yang dapat dibaca.
Imagek = Nama asal Silicon Film Technologies.
Imaging = Pencitraan
Aplikasi dan peralatan pelengkap pencitraan sebagai bagian dari ilmu pencitraan.
Import = Proses memindahkan data dari satu program komputer ke program yang lain dengan format file yang berbeda.
Incident light reading = Perhitungan menggunakan pengukur cahaya secara rata-rata
Ink-Jet Printer = Allternatif printer selain printer laser.
Printer ini murah dan text serta citra dicetak dengan titik-titik tinta yang disemburkan. Printer ink-jet berwarna bisa dipakai untuk berbagai ukuran media cetak dan resolusi output yang berbeda-beda.
Interface = Suatu alat untuk menghubungkan kamera dengan komputer untuk penyimpanan dan manipulasi data. Interface bisa melalui port komputer (serial dan paralel), PCMCIA, PC Cards, atau melaui PC Card Reader yang ada dalam komputer atau notebook computer.
Internet = Suatu jaringan besar yang terdiri atas sejumlah jaringan yang lebih kecil. Internet terbentuk atas lebih dari 100.000 jaringan interkoneksi di lebih dari 100 negara, mencakup bidang komersial, akademis dan kepentingan pemerintahan. Semula dikembangkan untuk kepentingan militer di Amerika, selanjutnya berkembang luas untuk riset akademis dan komersial. User memiliki akses terhadap data yang tidak diterbitkan serta berbagai jenis jurnal dari subyek-subyek yang sangat bervariasi. Saat ini internet telah dikomersialkan menjadi jalur informasi dunia yang menyediakan seluruh informasi yang diketahui oleh manusia. Perkembangan internet menuju ke dua arah. Pertama karena adanya keterkaitan layanan online (misalnya America Online, Compu Serve dan sebagainya) menciptakan jaringan Internet melalui e-mail sehingga Internet berfungsi sebagai pusat penghubung untuk e-mail diluar komunitas Internet. Seorang pelanggan online service bisa mengirim surat kepada pelanggan lain menggunakan Internet sebagai saluran penghubung. Internet menjadi perekat dunia dalam surat menyurat elektronik. Kedua, Server World Wide Web di Internet menjadi penggabung dokumen dari seluruh dunia, menyediakan pertukaran informasi tak terbatas yang tumbuh secara eksponensial. Dengan adanya penjelajah Web yang berbasis grafis seperti Mosaic dan Netscape Navigator, yang kemudian disusul oleh Microsoft’s Internet Explorer, seluruh khasanah informasi ini menjadi mudah diakses oleh seluruh pengguna PC & MAC, dan tidak hanya menjadi mainan para ilmuwan dan hackers di Work Station UNIX. Web juga berkembang menjadi gudang penyimpana driver, updates dan demo yang bisa di downloaad lewat browser.
Interpolated Resolution = Resolusi citra yang software generated, berdasarkan nilai yang diperoleh melalui resolusi grafis citra. Suatu gambar kecil bisa diperbesar menggunakan rumus algoritma matematika.
IrDa = Infrared Data Association = Asosiasi Data Infra Merah
Suatu asosiasi perusahaan yang telah mengembangkan standar transmisi data menggunakan gelombang cahaya infra merah. Komputer dan kamera digital yang dilengkapi dengan Port IrDa dapat mentransmisikan data satu sama lain tanpa menggunakan kabel.
ISO = International Standards Organization Rating
ISO dalam kamera digital dan film adalah suatu angka yang menunjukkan kepekaan cahaya. Semakin besar angka ISO, semakin besar kepekaan cahayanya.
IVUE = Adalah suatu file format yang terkait dalam teknologi FITS yang memungkinkan citra untuk dibuka dan ditampilkan dengan cepat dengan hanya memakai data seminimal mungkin yang dibutuhkan oleh ukuran layar monitor dan faktor perbesaran (zoom factor).
Jaggies : Efek bergerigi yang terlihat bila suatu citra di perbesar dalam citra digital, terutama pada garis diagonal.
JFIF = Format file interchange JPEG, suatu format file minimal yang memungkinkan bitstream JPEG dipertukarkan dengan aplikasi dan platform dari berbagai jenis variasi.
JPEG = Joint Photographic Experts Group Adalah standar kompresi file yang dikembangkan oleh Group Joint Photographic Experts; menggunakan kombinasi DCT dan pengkodean Huffman untuk mengkompresikan suatu file citra. JPEG adalah suatu algoritma kompresi yang bersifat “lossy”, (yang berarti kualitas citranya agak kurang bagus).  JPEG adalah teknik kompresi grafis high color bit-mapped. Merupakan teknik dan standar universal untuk kompresi dan dekompresi citra tidk bergerak untuk digunakan pada kamera digital dan sistem pencitraan menggunakan komputer yang dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Group. Umumnya digunakan untuk kompresi citra berwarna maupun gray scale.
Kilobyte = 1 kilobyte = 1024 bytes. Besaran ini menunjukkan ukuran memory komputer, space disk atau ukuran file.
LAN = Local Area Network
Suatu jaringan komunikasi yang terhubung secara fisik oleh kabel. Jaringan ini memungkinkan sekumpulan komputer untuk bertukar file dengan menggunakan periferal bersama-sama.
Laser Printer = Printer yang menggunakan teknologi laser copier untuk menghasilkan cetakan data komputer yang berkualitas tinggi. Laser mempengaruhi sebuah drum yang memililki kepekaan elektrostatik untuk menerima toner berbahan dasar karbon. Toner ditransfer dan ditiupkan ke selembar kertas atau plastik transparasi.
LCD = Liquid Crystal Display = Tampilan Kristal Cair
Suatu panel datar yang terdiri dari sel-sel kecil yang digunakan untuk komputer notebook, laptop dan kamera-kamera digital untuk menampilkan informasi dan citra.
LCD Status Window = Tampilan LCD yang menunjukkan informasi tentang status dan aktivitas kamera, seperti jumlah citra yang sudah direkam, setting resolusi, penyinaran, fault indicator, saat batere lemah, sisa memory, dan sebagainya.
Lossless Compression = Kompresi Lossless
Perkecilan ukuran file dengan membuat shorthand internal yang mengulang bentuk data seperti asalnya sebelum dikompresi. Diyakini sebagai kompresi data citra yang tidak akan rusak waktu digunakan.
Lossy Compression = Kompresi Lossy
Suatu metoda memperkecil ukuran file citra dengan cara membuang beberapa data, yang menyebabkan adanya sedikit penurunan kualitas citra. JPEG adalah metoda kompresi lossy.
LPI = Lines per Inch
Adalah frekuensi baris horizonal dan vertikal di layar halftone.
LUX = Satuan ukuran cahaya
MAC = Macintosh Keluarga PC dari Apple yang diperkenalkan sejak 1984. Adalah komputer pertama yang mempopulerkan penggunaan Graphical User Interface (GUI), yang bersama dengan arsitektur hardwarenya memungkinkan kemudahan dan konsistensi penggunaan.  Macintosh adalah saingan terbesar komputer IBM. Komputer MAC yang pertama cuma punya sebuah floppy disk dan memory 128 K. Kabinetnya yang tinggi dan layar monochromenya yang built in sangat unik, namun setelah bertahun-tahun model kabinetnya makin tradisional.  MAC yang pertama memakai power Motorola 32 bit 680 x 0 CPU.  Path 1994 Apple memperkenalkan Power Macs yang menggunkan chip Power PC CPU.  Dengan Insignia Solution softwindows, DOS & window dapat diaplikasikan pada Power Macs.
Macros Focus = Fokus Makro Range fokus yang menyebabkan pengambilan foto close-up.  Suatu pengaturan yang memungkinkan kamera difokuskan pada obyek yang sangat dekat. Fitur ini dapat dijumpai pada beberapa kamera 35 mm, APS dan kamera digital.
Marquee = Sederetan titik yang dipilih dengan alat pemilih pada suatu citra pada waktu operator melakukan pekerjaan seperti cropping, pemotongan, masking dan sebagainya.
Mask = Suatu daerah yang ditentukan sebagai limit operasi pengeditan bagian dari citra. Pada sistem pencitraan elektrionik, mask dibuat secara manual (dengan stylus atau mouse) atau dibuat secara otomatis dengan mengatur hue atau tingkat density warna, saturasi atau ukuran luminasi dalam citra.  Proses ini sama dengan proses photographic lith masking pada saat perbesaran foto.
Megabyte (MB) = Ukuran memory komputer yang besarnya lebih kurang 1 juta bytes. Satu MB = 1.024 kilobyte atau 1.048.576 byte. Megapixel Satu juta pixel, tepatnya 1.048.576 pixel.
Memory Card = Kartu Memory Adalah sebuah kartu seukuran kartu kredit yang berisi modul memory yang berfungsi sebagai disk tambahan atau disk alternatif dalam komputer laptop atau palmtop. Disebut juga sebagai IC Card, ROM Card atau RAM Card, karena menggunakan berbagai variasi jenis chip seperti RAM, ROM, EEPROM dan Flash Memory. RAM Card yang dipakai untuk kepentingan ini memiliki sebuah baterai yang memberikan tenaga buat sel-selnya. Perlu diperhatikan bila ingin menambahkan memory pada sebuah laptop, plug-in cardnya juga sering disebut Memory Card atau RAM Card, tapi ini bukan subtitusi untuk disk. Bila memory RAM yang normal dari sebuah komputer di extend, maka modul plug-in tetap ada seperti semula.  Memory Card yang berfungsi sebagai disk menggunakan arsitektur PMCIA dan memerlukan software khusus untuk diakses oleh komputer.
Metering = Pola pengaturan cahaya, biasanya terbagi dalam 3 kategori, centerweighted, evaluative/matrix, dan spot. Center weighted Metering : Pengukuran pencahayaan pada 60% daerah tengah gambar. Evaluative/Matrix : Pengukuran pencahayaan berdasarkan segmen-segmen dan presentase tertentu. Spot : Pengukuran pencahayaan hanya pada titik tertentu
Microdrive = Drive Mikro Adalah disk drive yang sangat kecil dengan kapasitas tinggi.  Disk mikro ini agak lebih tebal dari Compact Flash Card. Disk mikro ini sesuai dengan standard CF+II. Mikro drive CF+II tersedia dalam kapasitas 170 MB dan 340 MB.
Miniatur Card = Kartu Miniatur Adalah kartu memory miniatur keluaran Intel yang seukuran Compact Flash. Kartu ini dipakai untuk menyimpan citra dalam kamera digital. Pertamakali diipakai pada kamera “digital still” HP Photosmart.
Modem = MOdulator/DEModulator Suatu alat pengkonversi data komputer digital menjadi sinyal yang dapat ditransmisikan melalui saluran telepon.  Moire Suatu pola yang terlihat bila satu atau lebih layar halftone suatu citra salah register warnanya.
Morphing = Suatu efek khusus yang dipakai pada film bergerak dan video untuk menghasilkan transformasi pergerakan yang halus dari satu obyek atau bentuk ke obyek/bentuk lain.
Metal Oxide Semiconductor = Semikonduktor Metal Oxida Disingkat “moss”. Adalah satu dari dua kategori disain chip (kategori satunya adalah bipolar). Nama ini diperoleh dari penggunaan lapisan-lapisan metal dan oksida yang dipakai sebagai semikonduktor. Ada beberapa variasi teknologi MOS, antara lain PMOS, NMOS dan CMOS.
Micro-Controller = Pengendali Mikro Suatu komponen elektronik kecil yang mengendalikan operasi komponen elektronik lain pada suatu sirkuit elektronik. Micro-Controller bisa disamakan dengan menara kontrol kecil disuatu bandara yang mengkoordinir operasi peralatan pengendali penerbangan. EFS-1 menggunakan Micro-Controller dalam kartrid (e)film maupun modul penyimpanan (e)box.
MIPS = Million Instuctions Per Second = Jutaan Perintah Tiap Detik Adalah ukuran laju atau kecepatan suatu peralatan pemrosesan komputer untuk menghitung atau melaksanakan sederetan instruksi atau kode komputer.
Multispot = Pengukuran pencahayaan dari beberapa titik
Network = Jaringan : Sekumpulan komputer yang saling berhubungan dan bisa berkomunikasi satu sama lain serta memakai bersama-sama resources dan periferal.
ND (Neutral Density) filter = Filter dengan tingkat kehitaman tertentu (biasanya abu-abu) yang ditujukan untuk mengurangi kekuatan sinar. Filter ini netral terhadap semua warna (tidak merubah warna)
NiCD = Baterai nikel kadmium yang bisa direcharge, digunakan sebagai sumber daya beberapa kamera digital.
NiMH = Baterai dengan teknologi nikel metal hidrida. Adalah baterai kimia rechargeable yang makin populer bagi pengguna kamera digital dan telepon seluler. Baterai NiMH bisa direcharge tapi tidak memiliki memory seperti beberapa baterai rechargeable yang lain.
Non-Volatile Memory = Memory yang Tidak Mudah Hilang Adalah memory yang bisa menyimpan isi tanpa memakai daya. Contohnya adalah ROM, PROM, EPROM dan Flash Memory. Disk dan tape dapat disebut juga sebagai memory non-volatile, tapi dapat juga disebut sebagai alat penyimpanan data. Kadang istilah ini digunakan juga untuk menyebutkan memory volatile yang bisa menyimpan data karena sepanjang waktu terhubung ke batere.
NTSC = National Television Standard Committee Adalah standar pemancar yang dipakai di Amrik, Canada, Jepang, Amerika Tengah dan sebagian Amerika
OEM = Original Equipment Manufactur
Adalah suatu perusahaan yang memproduksi dan menjual peralatan-peralatan kepada penjual lain untuk dipasarkan. Kadang-kadang si penjual kedua juga disebut sebagai OEM. Penjual kedua umumnya memberikan nilai tambah pada produk-produk tersebut dengan memberikan label ataupun menggabungkannya dengan produk-produk yang mereka buat sendiri.
OLE = Object Linking and Embedding
Standar penggabungan data dari aplikasi-aplikasi yang berbeda secara otomatis.
On-board Processing = Pemrosesan On-board
Kemampuan suatu prosesor untuk menerima dan memproses data secara lokal (misalnya melakukan penghitungan-penghitungan) tanpa perlu mengirimkan data tersebut ke prosesor lain atau ke alat lain (mungkin ke papan sirkuit lain dalam sistem tersebut).
Optical Resolution = Resolusi Optik
Ukuran kemampuan suatu sistem optik untuk memisahkan suatu scene atau objek, dengan satuan pasangan garis per milimeter.
PAL = Phase Alternating Line
Format kualitas pemancaran televisi dan video yang digunakan terutama di Eropa. Format ini memiliki 50 field video.
PC = Personal Computer
PC Card = Kartu PC
Dikenal pula sebagai PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) Card.
Kartu sirkuit seukuran kartu kredit yang removable/plug-in, dengan fungsi tertentu (misalnya sebagai modem atau kartu penghubung ke suatu jaringan, atau sebagai kartu penyimpanan data citra). Kartu ini sangat mempermudah proses interface ke komputer notebook dan PC yang dilengkapi dengan Card Reader. (e)Port Carrier didisain sebagai PC Card Interface, yang memungkinkan untuk menyelipkan langsung (e)Port ke PC Card Slot (di komputer notebook atau laptop), sehingga file mentah citra dari (e)Film dapat ditransfer ke komputer untuk diproses. Lihat juga penjelasan tentang PCMCIA.
PC II Type Card = Juga dikenal sebagai PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) Type II Card. Kartu sirkuit plug-in/removable type II yang memiliki fungsi (misal sebagai modem atau kartu network) atau sebagai penyimpanan memory citra yang sesuai dengan PCMCIA standar. Type I tebalnya 3 mm, Type II 5,5 mm dan Type III 10 mm. Kartu-kartu PC ini mempermudah interface dengan komputer notebook dan PC yang dilengkapi dengan Card Reader. (e)Port Carrier dirancang untuk menjadi Interface PC Card Type II, yang memungkinkan menyisipkan langsung (e)Port ke Card Slot PC (dalam suatu komputer notebook atau laptop), sehingga sangat mudah mentransfer citra mentah dari (e)Film ke komputer untuk diproses lebih lanjut. Lihat juga tentang PCMCIA.
PCMCIA = (Personal Computer Memory Card International Association)
Standar format untuk kartu ekspansi seukuran kartu kredit yang dipakai untuk menambahkan kemampuan penyimpanan suatu komputer. PCMCIA adalah istilah teknis formal yang sama dengan PC Card.
PCMCIA Compatibility = Kesesuaian dengan PCMCIA
Adalah kemampuan suatu alat/benda untuk dipasangkan ke slot PCMCIA.
Periferal = Pelengkap
Suatu istilah yang dipakai untuk menyebutkan peralatan asesori tambahan untuk komputer seperti printer, modem, scanner atau termasuk juga kamera digital.
Photo-Electric Efficiency = Efisiensi Foto-Elektrik
Adalah ukuran efisiensi atau efektivitas suatu alat yang peka cahaya (photo sensitive) seperti sensor citra, untuk mengkonversikan cahaya menjadi arus listrik atau tenaga.
Photo YCC = Suatu format file yang dikembangkan oleh Image PAC untuk pengkodean skema warna.
PICT = Format file grafis yang digunakan terutama pada komputer Macintosh. File PICT bisa berisi grafik bit-mapped maupun grafik object oriented. Ada dua macam format, yaitu PICT I dan PICT II. PICT II dipakai untuk warna 24-bit. Format ini merupakan standar untuk file grafik bit-mapped dan grafik object-oriented.
Picture Disk = Disk Foto
Suatu pilihan untuk finishing foto tradisional. Satu disk CD cukup untuk menyimpan 28 foto yang melengkapi negatif film dan cetak film.
Pixel = PICture ELement = Element Foto/Gambar
Adalah elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Tiap sel disebut pixel, bagi monitor atau display komputer, pixel adalah titik-titik cahaya yang membentuk suatu objek di layar komputer. Makin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, makin besar resolusi spatial citra tersebut. EFS-1 memiliki rangkaian 1,3 juta pixel pencitraan. PIC Format file yang standar untuk file-file animasi.
Plug and Play = Tancap dan Kerja
Kemampuan suatu sistem operasi untuk mengidentifikasi periferal atau peralatan pelengkap komputer lain dan untuk secara otomatis mengkonfigurasi periferal/pelengkap tersebut ke dalam sistem. Dikenal juga dengan istilah PnP.
Post Script = Bahasa komputer untuk pengaturan halaman yang dikembangkan oleh Adobe Systems, Inc. untuk mengendalikan secara tepat bagaimana dan dimana bentuk dan huruf muncul disuatu halaman.
Software dan hardware bisa memiliki sifat Post Script Compatible.
Printer Font = Jenis Huruf Printer
Font, sejenis dengan apa yang ada di komputer, adalah obyek-obyek (huruf dan bentuk dan tanda baca) yang bisa direproduksi oleh printer.
Prosumer = Profesional Consumer = Konsumen Profesional
Adalah segolongan konsumen yang selalu ingin membeli produk terbaik. Mereka ingin membeli produk-produk seperti scanner, CD player, perlengkapan audio, kamera, video yang terbaik berapapun harganya asal kualitasnya terbaik. EFS-1 adalah suatu produk prosumer yang sangat menarik bagi fotografi profesional dan prosumer.
Pure Image = Citra Murni
Adalah citra digital yang memuat data citra yang masih mentah atau murni, yang belum dikompres atau dimodifikasi dalam bentuk apapun. Untuk efisiensi penyimpanan data, citra murni dapat dibuat berbentuk lossless. EFS-1 menyimpan seluruh citra dalam format murni di dalam kartrid EFS-1.
QVGA = Quarter VGA Suatu citra yang terdiri atas 320 x 240 pixel. Alat pencitraan yang menghasilkan citra QVGA juga disebut QVGA. Citra QVGA ukurannya 1/4 (one-quarter) dari citra VGA (640 x 480 pixel).  QVGA adalah ukuran citra yang populer untuk konsumer awal kamera digital still dan kamera video yang bisa dipadukan dengan video desktop. 320 x 240 perbandingannya adalah 4 : 3 (= 1,3), yaitu sesuai dengan aspek rasio bingkai video NTSC.
RAM = Adalah memory yang mudah berubah/mudah hilang dalam arti kalau komputernya dimatikan maka isi memory langsung hilang. Banyak RAM yang ditawarkan untuk mempercepat manipulasi atau mempercepat pemrosesan background.
Raster = Citra raster terdiri atas titik-titik individual ; tiap titik menunjukkan secara tepat warna, ukuran dan posisi dalam citra. (Dikenal pula sebagai citra bit-mapped).
Raw Image = Citra Mentah.
Citra digital yang belum diproses, yang mengandung data sensor pixel yang asli. Data citra mentah adalah bentuk murni data sensor yang murni dan asli, data citra mentah ini harus diproses format file citra standar yang dapat dilihat.
Real Time Image Preocessing = Pemrosesan Citra Seketika Adalah suatu sistem pemrosesan data yang memberikan respon langsung pada user. Pemrosesan citra langsung ini melakukan tiap fungsi secara langsung dan menampilkannya dalam resolusi yang mencukupi untuk dilihat.
Rectangular Pixels = Pixel Persegi panjang Beberapa kamera digital consumer class yang berbasis CCD memakai teknologi pencitraan camcorder berdasarkan pixel rectangular. Hal ini berevolusi dari kenyataan bahwa display televisi bentuknya persegi panjang. Monitor komputer menampilkan pixel bujur sangkar. Pixel rectangular harus disesuaikan supaya bisa ditampilkan di monitor komputer.
Refresh Rate = Kecepatan Menampilkan Citra Adalah kecepatan munculnya citra pada display LCD atau CRT. Makin cepat tampil, makin stabil kemunculan citra bagi user.
Removable Media = Media Removable Adalah media penyimpanan memory yang dapat dipindahkan dari kamera digital atau drive atau peralatan-peralatan komputer. Contohnya antara lain PC (PCMCIA) Cards, Floppy Disk, CD-R, CD-RW, Compact Flash, Click !, Smart Media, Multimedia Cards, MO, Tape, Disk zip atau Jaz, dan sebagainya.
Render = Penterjemahan Suatu langkah final transformasi citra atau scene tiga dimensi agar citra baru ditampilkan di layar.
Resize = Mengubah resolusi atau ukuran horizontal dan vertikal suatu citra.
Resolution = Resolusi Resolusi adalah suatu istilah yang dipakai untuk banyak hal yang berbeda dalam konteks pencitraan digital. Memang banyak membuat bingung orang. Istilah resolusi dalam kamera digital berarti total spatial space seperti 640 x 480, 1052 x 768, 1280 x 1024. EFS-1 memiliki resolusi citra 1280 x 1024. Disini resolusi spasial berarti jumlah pixel mendatar (kolom) kali jumlah pixel tegak (baris) dari suatu citra. Dalam konteks ini resolusi adalah ukuran ketajaman citra. Makin tinggi resolusi, makin tajam tampilan citra. Mungkin istilah paling tepat bagi resolusi citra kamera digital adalah ukuran bingkai. Scanner, printer dan software-software citra foto juga memakai istilah resolusi sebagai petunjuk ukuran tapi resolusi disini menunjukkan jumlah titik per inci (dpi = dot per inch) atau jumlah baris per inci (lpi = lines per inch). Bagi suatu scanner, hal ini menunjukkan resolusi optis, yang menunjukkan kemampuan suatu alat untuk melihat atau mencetak obyek dalam satuan jumlah titik, pixel atau baris per inci. Istilah yang lebih tepat untuk resolusi file citra adalah kepadatan (density).  Jadi kita bilang bahwa kamera digital bisa membuat citra dengan resolusi(= ukuran bingkai) 1024 x 768 dan file citra dengan resolusi (= kepadatan) 72 dpi (atau pixel) per inci.
Reverse ring = Digunakan untuk memasang lensa yang di balik, untuk membuat lensa makro alternatif agar cahaya yang masuk tidak bocor.
RGB (Red, Green and Blue) = Merah, Hijau, Biru  Adalah warna primer yang dipakai untuk menirukan warna asli di monitor komputer dan televisi.
RGB Filters = Filter Merah Hijau Biru Adalah filter optik yang bisa menyaring atau melewatkan/menembuskan cahaya merah saja atau hijau saja atau biru saja. Sensor citra seperti yang digunakan dalam kamera EFS-1 tidak bisa “melihat” warna, tapi hanya bereaksi terhadap photon (cahaya sesaat) dan menghitung intensitasnya. Dengan memakai filter R, G dan B pada rangkaian citra, kita bisa menterjemahkan warna suatu citra dengan sorting awal dan mengukur intensitas cahaya R, G dan B yang terpantul atau tertransmisi pada suatu citra. Saat komponen RGB diukur, langsung diproses dan digabungkan secara algoritma untuk menentukan warna yang paling tepat.
RIP = Raster Image Processor = Prosesor Citra Raster Suatu hardware atau software yang mengkonversikan grafik dan font suatu obyek kedalam bitmap yang diperlukan untuk output dari printer.
ROM = Read Only Memory = Memory yang Hanya Bisa Baca ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer.  Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan.
Red Eye Reduction = fasilitas untuk mengurangi efek mata merah yang biasa terjadi pada pemotretan menggunakan blitz pada malam hari.
Saturation = Saturasi
Adalah tingkatan dimana suatu warna tidak dapat dipengaruhi (ditipiskan, dipudarkan) oleh sinar putih. Kalau suatu warna punya saturasi 100 %, di dalamnya tidak ada sinar putih. Kalau suatu warna tidak punya saturasi, maka terlihat sebagai bayangan abu-abu.
Scanner = Pemindai
Suatu alat optis yang dapat mengkonversikan citra seperti foto ke dalam bentuk digital supaya dapat disimpan atau diubah di komputer. Disini dipakai berbagai metoda pemantulan melalui filter R, G, B mendigit citra menjadi serangkaian pixel. EFS-1 memakai rangkaian citra dua dimensi, sedangkan scanner umumnya memakai rangkaian satu dimensi (linier) yang digerakkan (discan) melalui suatu obyek. Pada scanner datar, obyek terletak tak bergerak diatas panel kaca saat rangkaian linier melewati (umumnya di bawah) obyek. Pada Scanner Sheet Feed, pencitraanya diam, tapi obyeknya (foto atau kertas) yang bergerak melewati rangkaian linier. Scanner tangan memakai alat rangkaian citra yang bisa dipegang dan didekatkan serta digerakkan sepanjang obyek yang ingin discan.
SCSI = Small Computer System Interface = Interface Sistem Komputer Kecil
Adalah suatu perlengkapan periferal untuk menghubungkan peralatan-peralatan ke PC atau MAC. SCSI lebih populer digunakan pada komputer MAC dan tidak terlalu populer bagi komputer PC. SCSI umumnya dipakai untuk zip drive, scanner berkinerja tinggi, CD burner dan perlengkapan-perlengkapan lain yang memakai bandwidth data tinggi. SCSI Port Adalah konektor untuk menghubungkan SCSI ke komputer.
Self Timer = Waktu antara yang memungkinkan si fotografer ikut berfoto setelah menekan tombol rana.
Sensor = Suatu alat untuk mengukur atau mendeteksi kenyataan-kenyataan di alam seperti sesuatu yang bergerak, panas, sinar dan mengubahnya menjadi representasi digital atau analog.
Sensor optik mendeteksi intensitas atau kecerahan sinar. EFS-1 menggunakan sensor citra CMOS yang berupa rangkaian dua dimensi 1,3 juta pixel.
Sensor Packaging = Suatu sensor pencitraan yang harus dikemas hati-hati supaya tetap datar sehingga bisa mendeteksi keberadaan suatu citra dengan tepat. Sensor ini harus dijaga dari pengaruh lingkungan seperti debu, kelembaban dan udara. Sensor citra EFS-1 dikemas dengan hati-hati dan tetap dijaga supaya datar dan kedap udara dalam kemasan yang memiliki jendela optik yang presisi serta ribuan kabel yang memungkinkan sinyal listrik keluar-masuk dari kemasan tersebut.
Shutter = Rana
Komponen kamera yang dapat membuka dan menutup untuk meneruskan cahaya mengenai sensor citra. Kamera yang pakai film menggunakan teknik shutter yang mekanikal, sedangkan kamera digital pakai teknik manual maupun elektronik atau kombinasi keduanya.
Shutter Speed = Kecepatan Rana
Lamanya rana terbuka untuk menangkap sinar, dinyatakan dengan sepersekian detik. Shutter Speed mengendalikan berapa lama sensor digital terkena sinar.
Silicon Die = Peralatan dan komponen silikon seperti rangkaian pencitraan pada kamera EFS-1 yang dibuat dalam kelompok puluhan, bahkan ratusan bagian yang terbuat dari potongan silikon, kemudian dipotong lagi menjadi bagian-bagian kecil yang disebut Silicon Die.
Siluet = Teknik pencahayaan untuk menampilkan bentuk objek tanpa menunjukkan detilnya
Single Lens Refleks (SLR) =  Suatu kamera yang jendela pembidiknya terletak pada lensa yang akan mengambil gambar. SLR adalah kamera 35 mm yang paling canggih. EFS-1 dirancang untuk bisa memakai lensa SLR sehingga kecanggihan lensa ini masih dapat dimanfaatkan.
Slave unit = Lampu kilat dengan fasilitas mata listrik/elctric eye =  alat bantu yang sanggup menyalakan lampu kilat dengan bantuan sinar lampu kilat yang lain.
Smart Media = Memory card yang kecil dan tipis yang dipakai pada beberapa kamera digital untuk menyimpan citra. Sebagai pelangkapnya ada adapter yang bisa dipakai untuk menyambungkan Smart Media ke Floppy Disk Drive atau ke PC Card (PCMCIA), dengan cara menggabungkannya ke komputer notebook atau komputer dengan card reader melalui slot PC Card.
Smoothing = Penghalusan
Adalah penyamaan pixel dengan sebelah-sebelahnya, untuk mengurangi kontras dan mensimulasikan citra yang tidak fokus.
Smooth Gradients = Gradien Warna yang Halus
Bila suatu citra dikompresi dengan algoritma kompresi lossy (seperti JPEG), sulit untuk mengkompresikan bagian-bagian dari citra yang berupa perubahan warna gradual seperti langit biru yang berangsur-angsur berubah warna ke horizon. Bila kompresi citra terlalu mampat, citra tersebut menjadi seperti gambar tempel yang perbedaan warnanya amat kontras. Gradien warna yang halus berarti ada perubahan warna, hue, saturasi dan intensitas yang bisa diterima oleh mata.
Software = Perangkat Lunak
Adalah perangkat instruksi bagi komputer untuk menjalankan suatu pekerjaan/tugas tertentu yang disebut program. Dua kelompok software adalah software Sistem Operasi (OS) dan Software Aplikasi (AS).
OS dibuat untuk mengontrol program seperti sistem operasi dan Database Management System (DBMS).
AS adalah program yang dapat memproses data bagi user (Inventory, Payroll, Spreadsheet, Word Processor, etc). Suatu kesalahpahaman yang sering terjadi, software disamakan dengan data, padahal bukan software memerintahkan hardware untuk memproses data. Software dijalankan, sedangkan data diproses.
Solid – State Devices = Komponen elektronik atau sirkuit yang terbuat dari materi padat seperti transistor, chip dan bubble memory. Dalam Solid State Devices tidak ada proses mekanikal, meskipun terdapat banyak operasi elektromagnetik didalamnya. Untuk media penyimpanan data, Solid State Device jauh lebih cepat dan lebih handal daripada tape dan disk, tapi harganya lebih mahal. Memang harga Solid state terus menurun, tapi disk, tape dan disk optik juga terus meningkatkan perbandingan harga dan kinerjanya. EFS-1 menggunakan memory Internal Solid State sebagai media penyimpanan data. (e)Box menggunakan memory Compact Flash yang merupakan memory Solid State.
Sound Annotation = Anotasi Suara
Sebuah fitur yang bisa merekam suara bite untuk melengkapi tiap gambar. Fitur ini bekerja dengan bantuan mikrofon built-in. beberapa jenis kamera digital memiliki kemapuan merekam beberapa detik suara untuk melengkapi citra digitalnya.
Square Pixel = Pixel Bujur Sangkar
Adalah bentuk pixel yang dibuat oleh beberapa kamera digital, yang berbeda dengan yang dibuat oleh pixel rectangular (empat persegi panjang). EFS-1 memakai rangkaian pixel bujur sangkar 1,3 MP. Monitor komputer menampilkan pixel bujur sangkar, sehingga lebih baik dalam mengakomodasikan citra yang memang dibuat dengan pixel bujur sangkar.
Stop : Satuan pencahayaan, 1 stop sama dengan 1 EV. (contoh +1stop, -2stop, -3stop)
Storage Size = Kapasitas Penyimpanan
Kapasitas suatu alat penyimpanan data dalam satuan bytes. Kapasitas yang umum memiliki satuan KB (Floppy Disk), MB (CF, CD), GB (hard drive, tape, DVD). Komponen elektronik yang ditanamkan pada suatu sistem elektronik punya kapasitas dalam satuan bit, karena alat-alat ini beroperasi pada bit-level. Alat penyimpanan data punya satuan kapasitas bytes karena file data disimpan dalam bytes data. Satu citra EFS-1 memerlukan kapasitas penampungan data 2 MB. Kartrid (e)Film bisa menyimpan 24 data citra mentah, dan punya kapasitas penyimpanan 64 MB.
SVGA = Super VGA
Adalah klasifikasi resolusi yang umum. SVGA = 800 x 600 adalah ukuran umum untuk monitor komputer, tapi kamera digital tidak memakai ukuran ini. 800 x 600 memiliki aspect ratio 4 : 3 (1,3), yang sesuai dengan aspek rasio bingkai video NTSC.
Sweet Spot = Titik Terbaik
Adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan bagian “terbaik” dari suatu sistem optik. Terbaik artinya punya resolusi tertinggi, paling jernih, dan paling kecil distorsi optiknya. Bagi lensa kamera, titik terbaik adalah di pusat lensa yang punya optikal resolving power terbaik. Resolving power cenderung menurun semakin ke pinggir lensa. EFS-1 didisain untuk memanfaatkan titik terbaik kamera 35 mm. Scanner datar sering menunjukkan titik terbaik. Selembar pola yang sama yang discan bisa jadi menampilkan citra pola yang tidak seragam di seluruh scan bed.
SXGA = Super XGA
Adalah klasifikasi resolusi yang umum. SXGA adalah 1280 x 960, adalah ukuran yang umum untuk monitor komputer, tapi tidak umum dipakai untuk kamera digital. 1280 x 960 memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang sesuai dengan aspek rasio bingkai video NTSC.
EFS-1 paling mendekati SXGA dengan resolusi 1280 x 1024 dengan aspek rasio 5 : 4 (1,25).
Teleconverter = Alat bantu optik yang dipergunakan untuk menambah panjang fokus lensa utamanya.
Thermal Transfer = Suatu teknologi printer yang menggunakan panas untuk mentransfer tinta ke atas kertas.
Thermal Wax Transfer Printer = Adalah printer berwarna dengan resolusi menengah.
Teknologi ini menggunakan tinta yang berbahan dasar lilin untuk mentransfer warna ke atas plastik transparan atau kertas. Printer ini memakai sistem warna CMYK, dan warna dilapiskan satu persatu bergantian. Karena pixel ukurannya tidak dapat diubah, pilihan warna sangat terbatas, kecuali pakai getaran.
Thumbnail = Miniatur Citra
Citra versi kecil yang beresolusi rendah, yang mewakili file citra yang lebih besar, dipakai untuk identifikasi cepat pada proses pencarian atau editing citra.
Selain itu bisa dipakai juga untuk indexing, preview citra ditampilan atau pencetakan index.
TIFF = Tagged Image File Format
Suatu format file image yang standar untuk grafik bit-mapped yang beresolusi tinggi. File TIFF memiliki kompatibilitas yang cross-platform. Ada berbagai versi turunan dari TIFF. Format file grafis bitmapped TIFF yang umum dipakai dikembangkan oleh Aldus dan Microsoft untuk menyimpan file citra monochrome, gray scale, warna 8 dan 24 bit. TIFF memungkinkan customization dan sudah ada beberapa versi pengembangan, namun tidak dijamin semuanya compatibel satu sama lain. Kompresi file TIFF bisa dilakukan dengan beberapa metoda kompresi. LZW menghasilkan rasio 1,5:1 hingga 2:1 (teknik kompresi ini dikembangkan tahun 1977 oleh J. Ziv dan A Lempel, kemudian diperbaharui oleh T. Welsh). Ratio 10:1 hingga 20:1 sesuai untuk dokumen dengan bidang putih menggunakan metoda kompresi itu Group III dan IV (fax).
TIFF/EP = Tag Image File Format
untuk fotografi elektronik, adalah salah satu file format TIFF yang dipakai untuk menyimpan data non-citra bersama-sama dengan berbagai jenis data citra.
Time/Date Insert = Fitur Waktu dan Tanggal
Adalah fitur yang merekam informasi tanggal dan waktu ke suatu citra.
Tonal Variation = Variasi Tone
Tone adalah tingkat kecerahan atau kegelapan suatu cetakan citra, yang juga diukur dalam nilai tertentu. Tone dingin (warna kebiru-biruan) dan tone hangat (kemerah-merahan) menunjukkan warna citra pada foto berwarna maupun hitam putih. Variasi tone adalah perubahan-perubahan tone pada suatu citra.
True Color = Warna Nyata
Warna yang memiliki 24 bits dan variasi 16,7 juta warna. Istilah true color digunakan untuk Sistem Macintosh (untuk PC tidak sering dipakai) dalam menyebutkan properti citra dan tampilan.
TTL = Through The Lens, Sistem pengukuran pencahayaan melalui sinar yang masuk dari lensa
TWAIN = Akronim untuk Technology Without An Interesting Name (= Teknologi Tanpa Nama)
Adalah module software atau device driver dan interface protocol yang memungkinkan pemindahan data pencitraan dari kamera digital dan scanner ke software aplikasi pencitraan. Semua kamera digital dilengkapi dengan TWAIN driver. TWAIN memungkinkan kamera digital melakukan komunikasi dengan software. TWAIN memiliki kompatibilitas yang amat tinggi dengan berbagai hardware maupun software dari berbagai merk.
UGA = Klasifikasi resolusi yang umum, 1600 x 1200 ; merupakan setting monitor komputer yang umum dan juga dipakai untuk kamera digital. 1600 x 1200 memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang cocok dengan bingkai aspek rasio video NTSC.
Unsharp Masking = Suatu proses untuk lebih meningkatkan detail citra, bisa dilakukan melalui input scanner atau melalui manipulasi komputer.
USB = Universal Serial Bus Adalah hubungan serial antara periferal dengan komputer. Kamera digital seri pertama menggunakan serial port yang tradisional (RS-232) untuk mentransfer citra dari kamera ke komputer. Cara ini agak lambat dan terhambat pula oleh konflik Communication Port. Dalam kaitan dengan koneksi data serial, kamera digital memanfaatkan koneksi dengan USB. Keuntungan USB : mengeliminasi konflik port (tidak ada gangguan IRQ), transfer data lebih cepat, ada kemampuan hotswap, koneksi dan transfer yang handal memiliki kabel yang universal dan bisa terhubungkan dengan platform PC dan MAC. Kelemahan USB adalah bahwa tidak semua PC punya slot untuk USB. Baru sejak 1997 PC menyediakan slot untuk USB dan baru akhir 1998 dipasarkan. Implementasinya untuk komputer laptop dan notebook malah lebih lambat lagi. Windows’98 adalah sistem operasi pertama yang sepenuhnya terintegrasi pada fungsi USB. Pemakai windows’95 mungkin tidak dapat menggunakan USB kalau versinya bukan Win95 versi OSR2 dengan USB supplement 2.1. USB dapat dipakai pada MAC, iMAC dan komputer Macintosh dengan arsitektur PCI dan Port USB.
Vertical Grip = Alat pelepas rana utnuk pengambilan secra vertical tanpa harus memutar tangan
VGA = Video Graphic Adapter Istilah untuk menyebut monitor komputer dan digital still camera. Kamera digital dengan resolusi 640 x 480 disebut VGA atau VGA-class, kamera 640 x 480 memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang sesuai dengan aspek rasio video NTSC. Video Out Fitur pada kamera digital yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar.  Viewfinder = Jendela Pembidik Suatu alat untuk membidik/mengintip melalui lensa kamera. Pada kamera digital ada dua jenis : optis dan elektronik. Jendela pembidik elektronik bisa berbentuk panel citra LCD yang menampilkan citra yang akan dibidik dengan cara preview. Jendela pembidik optis sama seperti pada kamera 35 mm. EFS-1 adalah kamera yang unik dikalangan pasaran kamera, karena bisa melakukan pembidikan langsung melalui lensa.
Vignetting = Bagian dari suatu bidang gambar yang lebih gelap dari lainnya. Secara khas dihasilkan oleh lensa-lensa bersudut sangat lebar.
Virtual Memory = Bagian dari suatu hard drive yang diidentifikasi sebagai RAM melalui sistem operasi atau software lain. Karena memory hard drive lebih murah dari pada RAM tambahan, maka virtual memory adalah cara yang lebih murah untuk memperoleh tambahan memory dan meningkatkan kecepatan operasi aplikasi.
White Balance = Keseimbangan Warna Putih
Kemampuan suatu kamera untuk mengkoreksi warna saat pembidikan pada kondisi pencahayaan yang berbeda, maupun siang hari, dalam ruangan maupun pada cahaya lampu neon.
Wide-Angle Lens = Lensa Sudut Lebar
Adalah lensa berfokus pendek, misalnya 24 mm atau 28 mm, yang menghasilkan citra yang lebih kecil dibandingkan lensa lain pada jarak yang sama, tapi sudut pengambilan yang diperoleh akan lebih lebar.
World Wide Web = WWW
Adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen Web disebut Web Page dan link dalam Web menyebabkan user bisa pindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui Web Browser seperti Netscape Navigator atau Internet Explorer. Web menjadi pusat kegiatan internet karena Web Pages yang berisi text dan grafik mudah diakses melalui Web Browser, Web menyediakan interface bagi jaringan informasi online terbesar di dunia, dan jumlah informasi ini terus bertambah dengan pesat. Web juga menjadi sistem pengiriman multimedia, karena fitur browser dan browser plug-in extension yang terus bermunculan menyediakan peluang untuk suara, gambar, telephon, animasi 3-D dan videoconferencing melalui Net. Browser terbaru juga mengerti bahasa Java yang memungkinkan down load semua aplikasi untuk dirun secara lokal. Dasar format Web adalah dokumen text yang digabung dengan HTML yang bisa mengatur format page serta Hypertext Link (URL) ke page lain. Kode HTML yang umum adalah karakter alfanumerik yang dapat diketik dengan text editor atau world processor. Banyak program terbitan Web yang menyertakan interfage grafis untuk kreasi Web Page dan membuat kode dengan otomatis. Banyak word processor dan program-program yang mengalihkan dokumen ke format HTML. Oleh karena itu Web Pages dapat dibuat oleh user tanpa harus mempelajari sistem pengkodean. Kemudahan kreasi membantu cepatnya pertumbuhan Web.
WORM = Write Once-Read Many
Suatu teknologi yang menggunakan disk optik.
WORM adalah media penyimpanan data removable yang tidak dapat diubah isinya setelah sekali diisi. Tapi disk ini dapat dibaca berulangkali.
WYSIWYG = What You See is What You Get
Suatu istilah jaringan yang mengacu pada ketepatan output dibandingkan citra atau data yang terlihat di layar.
XGA = Pada kamera digital, XGA adalah kamera yang bisa menangkap citra pada resolusi 1024 x 768 pixel. Kamera digital XGA juga disebut “800K” pixel. 1024 x 768 memiliki aspek rasio 4 : 3 (1,3) yang cocok dengan aspek rasio video NTSC.
Yield In Semiconductor = Yield adalah presentase pembuatan komponen atau peralatan yang dapat dipakai dengan produk lain.
Zip Disk = Disk penyimpanan yang removable dan re-writable keluaran Iomega dengan kapasitas 100 MB dan 250 MB. Reader (zip drive) tersedia dalam konfigurasi internal dan eksternal, tersedia untuk platform PC dan Macintosh. Zip Disk adalah media yang sangat cost effective dan bisa dipindahkan. Platform PC menggunakan Paralel Port Interface, sedangkan Macintosh menggunakan interface SCSI. Zip Drive USB tersedia untuk iMac dan PC dengan sistem Windows’98.

Kategori:FOTOGRAFI
  1. Juni 4, 2016 pukul 1:25 pm

    Her zamanki gibi süper bir içerik olmuş

  2. September 29, 2014 pukul 10:35 pm

    I have seen loads of useful points on your web page about desktops.
    However, I’ve got the opinion that notebook computers are
    still more or less not powerful sufficiently to be a
    sensible choice if you typically do projects
    that require plenty of power, for example video editing.
    But for net surfing, statement processing, and many other common computer work they are okay, provided you
    cannot mind the little screen size. Many thanks sharing your notions.

  3. September 9, 2014 pukul 2:13 pm

    Magnificent goods from you, man. I have consider your stuff previous to and you’re simply extremely wonderful.
    I actually like what you have obtained here, certainly like what you’re
    stating and the best way by which you say it. You’re making it entertaining and you still care for
    to keep it sensible. I can not wait to read far more from
    you. This is actually a great site.

  4. Agustus 19, 2014 pukul 7:39 am

    I have read so many articles or reviews regarding the blogger lovers however this piece of writing is really
    a pleasant post, keep it up.

  5. Mei 15, 2014 pukul 9:44 am

    I’m truly enjoying the design and layout of your site.

    It’s a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me
    to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme?

    Outstanding work!

  6. Maret 31, 2014 pukul 10:32 am

    What’s up, constantly i used to check blog posts here in the early hours in
    the morning, because i love to gain knowledge of more and more.

  7. Maret 15, 2014 pukul 10:41 pm

    I constantly emailed this blog post page to all my friends, as if like to read it next my links will too.

  8. Maret 11, 2014 pukul 9:23 pm

    No matter if some one searches for his necessary thing, so
    he/she desires to be available that in detail, so that thing is maintained over here.

  9. Desember 21, 2013 pukul 5:18 pm

    Because the admin of this web site is working, no doubt very soon it will
    be famous, due to its quality contents.

  10. Desember 19, 2013 pukul 10:14 pm

    Hi there are using WordPress for your blog platform?
    I’m new to the blog world but I’m trying to get started and create my own.
    Do you need any html coding knowledge to make your own blog?

    Any help would be greatly appreciated!

  11. Desember 15, 2013 pukul 10:39 am

    hello!,I love your writing so a lot! share we communicate more approximately
    your post oon AOL? I require a specialist in this space to solve
    my problem. Maybe that is you! Looking forward
    to see you.

  12. Oktober 13, 2013 pukul 5:12 am

    Wow, this paragraph is good, my sister is analyzing these kinds of things, therefore I am going to let know her.

  13. September 26, 2013 pukul 8:46 pm

    Hey there just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your article seem to be running off the screen in Internet explorer.
    I’m not sure if this is a formatting issue or something
    to do with browser compatibility but I thought I’d post to let you know.
    The design and style look great though! Hope you get the problem solved soon.
    Kudos

  14. September 25, 2013 pukul 7:02 am

    What’s up to all, it’s actually a fastidious for me to go to see this
    web page, it includes useful Information.

  15. September 13, 2013 pukul 2:05 am

    I am regular reader, how are you everybody? This paragraph
    posted at this website is really fastidious.

  16. September 6, 2013 pukul 7:38 pm

    Oh my goodness! Amazing article dude! Thank you, However I am having problems with your RSS.
    I don’t know the reason why I am unable to join it.
    Is there anybody having similar RSS issues? Anybody who knows the answer can you kindly respond?
    Thanks!!

  17. Agustus 4, 2013 pukul 7:00 pm

    You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be
    really something that I think I would never understand.
    It seems too complex and very broad for me. I am looking forward
    for your next post, I will try to get the hang of it!

  18. Agustus 2, 2013 pukul 12:17 pm

    DASHCOM websites are springing up throughout the world.

    A very convenient strategy to search for things about the web is to easily
    speak your pursuit term. There are a handful of significant improvements made over Vista, but
    for the most part, it’s only a version of Vista which is both stable and more user-friendly.

  19. Agustus 1, 2013 pukul 5:42 pm

    This is a topic which is close to my heart…
    Cheers! Where are your contact details though?

  20. Juli 27, 2013 pukul 1:17 pm

    My partner and I absolutely love your blog and find almost all of your post’s to be just what I’m looking for.
    can you offer guest writers to write content for you personally?

    I wouldn’t mind composing a post or elaborating on many of the subjects you write in relation to here. Again, awesome web site!

  21. Juli 18, 2013 pukul 11:47 am

    Hi there! This post could not be written any
    better! Reading this post reminds me of my old room mate!

    He always kept talking about this. I will forward this write-up to him.
    Fairly certain he will have a good read. Very much appreciated!

  22. Juli 16, 2013 pukul 8:28 am

    Please, can you pm me as well as tell me a few more thinks concerning this topic, I am really a fan
    of your blog. Thanks a lot!

  23. Juli 15, 2013 pukul 7:44 am

    It sounds like you are making problems yourself by trying to fix this problem
    rather than looking at why their is an issue in the first place.
    Thank you so much, a wonderful job!

  24. Juli 14, 2013 pukul 3:05 pm

    Hey there! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay. I’m undoubtedly enjoying your blog and look forward to new updates.
    Thanks a lot!

  25. Juli 9, 2013 pukul 2:36 am

    I blog quite often and I seriously appreciate your
    information. Your article has really peaked my interest. I’m going to book mark your site and keep checking for new information about once a week. I subscribed to your Feed too.

  26. Juli 7, 2013 pukul 4:05 pm

    It’s one of those Dieting Made Easy mistakes that people make is to cut something completely out of their diet. Yo-yo dieting made easy has also been described as a ‘super food’, that has beneficial anti-cancer properties, heart-strengthening potential, contains powerful antioxidants, and sources of vitamin C and E. Juicing for Weight Loss or Cleansing Purposes Juicing to lose weight but not in the conventional way. Protein also takes longer to digest and enter the blood stream at different rates of speed.

  27. Juni 28, 2013 pukul 10:42 am

    Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff previous
    to and you are just too magnificent. I really like what you’ve acquired here, really like what you are stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise. I can’t wait
    to read far more from you. This is actually a wonderful web site.

  28. Juni 14, 2013 pukul 7:54 am

    Needed to draft you a bit of remark to be able to give thanks
    over again for the superb views you’ve shown here. It was so shockingly generous with people like you to present unreservedly precisely what some people might have distributed for an electronic book to help make some bucks for their own end, principally seeing that you might well have done it if you ever considered necessary. The points as well worked as a fantastic way to fully grasp that some people have similar dreams much like my very own to see many more in regard to this condition. Certainly there are some more pleasurable instances ahead for many who read your blog.

  29. Mei 26, 2013 pukul 5:05 pm

    cych.
    – Natychmiast zaraz… – mruknął pocieszająco. Trey Cokolwiek ludzkiego zabrzmiało w
    jego
    osądzie. Ot, zasrana utwór, uzupełnić należy.
    ..
    Ktokolwiek szedł odkąd strony szoferki. Dawid zmusił się, by się nie odwracać.
    Nie
    chciał dać wyraz lęku. Spojrzał na dziewczynę bok
    w bok, wpatrującą się próżnym
    spojrzeniem w noc, Światła pozycyjne odbijały się w mokrym bruku natomiast
    w jej
    ciemnych oczac.

  30. April 14, 2013 pukul 2:30 pm

    I am really grateful to the holder of this site who has shared this enormous article at here.

  31. April 10, 2013 pukul 3:04 pm

    I was wondering if you ever considered changing the structure
    of your website? Its very well written; I love what youve got to
    say. But maybe you could a little more in the way of content so people could
    connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having one or 2 pictures.
    Maybe you could space it out better?

  32. UTI
    April 9, 2013 pukul 3:49 am

    Thanks for the thoughts you talk about through this
    site. In addition, quite a few young women who become pregnant never even make an effort
    to get medical insurance because they are full of fearfulness they couldn’t qualify. Although a few states right now require insurers produce coverage regardless of pre-existing conditions. Costs on all these guaranteed programs are usually greater, but when taking into consideration the high cost of health care bills it may be your safer strategy to use to protect your current financial potential.

  33. Maret 10, 2013 pukul 9:11 am

    Great information. Lucky me I ran across your blog by chance (stumbleupon).
    I have book-marked it for later!

  34. Februari 22, 2013 pukul 11:30 am

    Among the opposite favorite ringtones are BBC sports, Halloween,
    Simpsons, Pink Panther, Fraggle Rock, Addams Family and Thunder – Birds.
    Haunted House Ride Video. The commercial success of Banksy prints allows
    the artist traveling the planet that will create political works highlighting issues in post-hurricane Katrina New
    Orleans, the Barcelona Zoo as well as the West Bank barrier separating Palestine from
    Israel.

  35. Februari 13, 2013 pukul 6:04 pm

    Thanks a lot for using some time in order to compose “Kamus All about Fotografi Angkasa Nur
    Maulana”. Thank you so much yet again -Shirley

  1. Januari 3, 2010 pukul 1:14 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: